[fogri] Re: log??????????

  • From: KARTIKO-SAMODRO Ferdinandus <Ferdinandus.KARTIKO-SAMODRO@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 8 Nov 2001 08:02:10 +0800

Memang problem yang sering ditemui oleh geologist yang menjadi petrophisic
adalah memahami sifat fisika dari log itu sendiri...tapi dengan sedikit
kemauan belajar fisika dasar akan sangat membantu dalam pemahaman tersebut
( karena sepertinya kita enggak perlu terlalu detailed masalah fisikanya
karena umumnya dapat didiskusikan dengan fisikawan) dan mungkin dengan
statistic.
Yang cukup penting adalah pengalaman dalam bidang pengambilan data (mis :
wellsite geologist ) sehingga kita benar - benar dapat memahami bagaimana
proses data log tersebut diambil dan faktor apa saja yang mempengaruhi
seperti mud data, drilling problem ( bad hole, cement ), bahkan problem di
tool saat pengambilan data. Dan  pemahaman akan masterlog while drilling
akan banyak membantu interpretasi kita.
Kemudian konsep akan field kita untuk menset segala paramater yang hendak
kita gunakan untk interpretasi mis : apakah di limestone resevoir, di
shaly sand dsb....

Masalah anak tiri...? walaualam....
mungkin kayaknya karena selama ini proses menjadi petrophisic yang tidak
begitu jelas....
kalau seorang petrophisic mengerti masalah operation geologi (wellsite ),
mengerti masalah development geology dsb..mungkin malah dapat menjadi
jembatan yang bagus untuk integrasi interpretasi...karena kalau kita lihat
di oilfield...bidang apa di G&G yang tidak menggunakan data log (netpay,
reserve, production) etc....

"Rovicky Dwi Putrohari" <rovicky@xxxxxxxxx>
Sent by: fogri-bounce@xxxxxxxxxxxxx
07/11/2001 08:06 PM
Please respond to fogri

        To:     <fogri@xxxxxxxxxxxxx>
        cc:
        Subject:        [fogri] Re: log??????????

Sebetulnya hal kebalikannya juga sama.
Banyak geologist yang kurang memahami sifat fisis batuan. Padahal pada
saat
ini semua data-data yang diperoleh adalah parameter petrofisika batuan.
Kita
sering melihat lingkup kecilnya saja dari petrophysicist hanya sebagai
"Well
log analyzer". Namun kalo kita coba agak lebih luas lagi maka yang kita
lihat dalam Well log, seismic maupun data gravity dan magnetik adalah
semua
parameter fisika.

Kelemahan pemahaman sifat fisis batuan ini juga kadang (sering ?)
menghambat
geologist dalam memahami citra (images) dari hasil akuisisi data sifat
fisik
batuan. Geologist sudah bisa terkesima dengan FMS/I (Formation Micro
Scanner/Images), yang sebetulnya hanya resistivity log. Sehingga kalo kita
tahu itu adalah resistivity log, maka interpretasinya bisa diperkaya,
tidak
hanya melihat geometri atau bentuk saja (tidak hanya sekedar bedding dan
fracture saja), namun juga sebagai parameter petrofisis lain, yang sama
saja
dngan interpretasi MSFL.

Geologist juga musti ingat bahwa gamma ray bukanlah granulolog (atau log
yang menunjukkan ukuran butir), karena asosiasi serta relasi feldspar
dengan
ukuran butir yang ada dalam batuanlah yang menjadikan seolah gamma-ray log
menjukkan ukuran butir. Semakin halus batuan maka semakin banyak felspatic
materialnya. Semakin kasar ukuran butir batuan biasanya diikuti banyaknya
material silikaan (Quartz). Namun ketika kita menghadapi feldspatic
sandstones ... maka gamma ray ngga bisa dipakai begitu saja. Mungkin perlu
spectral gamma ray .... Wah nambah lagi konsep spektrum musti dipelajari
geologist deh.

Seandainya dikembangkan lagi .... barangkali nantinya dengan gravimetry
yang
bisa melihat densitas batuan bisa saja dikembangkan. Karena prinsipnya
hanya
mengabil nilai densitas dengan memasukkan alat saja. Jadi selain dengan
neutrin kita juga mendapatkan nilai densitas batuan juga.

Yang menjadi impian saya adalah memasukkan radar kedalam lubang sumur,
Karena surface radar saat ini sudah begitu kecil dengan daya tembus hingga
3
meter. Nah kalo bisa punya data 3 meter disamping libang bor kan pasti
banyak manfaat yang bisa dipakai ...

RDP