[fogri] Re: log??????????

  • From: "Prasiddha Hestu Narendra" <phnarendra@xxxxxxxxxxxxx>
  • To: <fogri@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Fri, 2 Nov 2001 15:57:22 +0700

> nanya, yang paling bagus untuk jadi petrophysicist itu
> sebenarnya siapa? apakah geophysicist atau geologist.
> Atau memang ada program studi tertentu untuk itu.
PHN:
menurut saya ya dua-duanya bisa aja to.
Tapi kecenderungan sekarang sudah mulai tidak dipisah-pisah antara geologi sama
geofisika, dua-duanya saling mendukung justru kalo seorang geologist jago juga
ttg geophysics begitu pula sebaliknya, akhirnya dia menjadi geoscientist.
Nah sekarang apa bedanya petroleum engineer sama petrophysicist hayooo.........

> Karena di tempat saya log tidak dikuliahkan, saya
> ingin tanya, kalo ingin jadi seorang yang ahli di
> bidang log apa saja yang harus dipelajari?
PHN:
1. mengenal apa tujuan/yg ingin didapat masing2 log dan perumusan-perumusan yg
ada (misal utk ngitung Sw, Volume shale, dll)
2. mengenal prinsip kerja alat2 log (ini tidak bisa disepelekan karena sangat
membantu dalam interpretasi dan mengenal sifat2 log), hasil yg didapatkan, dan
skala2 yg digunakan masing2 log
3. tidak hanya mengenal lognya saja, tapi juga ngerti apa sih sumur minyak itu
(well)
4. memahami prinsip perangkap hydrocarbon
5. belajar tidak hanya dari kuliah saja, bisa belajar sendiri dari buku dan
nanya ke yg bisa, karena tidak semua hal yg ingin kita dapatkan bisa didapat
dari kuliah
yg jelas utk interpretasi log tidak bisa per individual log, tapi gabungan dari
berbagai log

> Trus....apa saja sih yang diperoleh dari log? Hebat
> mana dari seismik?
PHN:
dua-duanya sama2 hebatnya, tidak bisa dikatakan satu melebihi yg lain. masing2
punya lebih dan kurang, dan tidak bisa berdiri sendiri.
Memang biasanya untuk menentukan titik well dilihat dari seismik bisa juga
ditambahi dari data well sekitarnya, tapi untuk menentukan suatu lapangan
minyak ekonomis ato tidak dua-duanya tidak bisa dipisahkan.
sebagai contoh dalam seismic inversion dan AVO dua-duanya kepake.

salam
PHN