[fogri] Re: log??????????

  • From: Franciscus_Sinartio@xxxxxxxxxxxxxxx
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 2 Nov 2001 15:19:52 +0700

Geologist, geophysicist dan petroleum enginneer semua nya bisa jadi
petrophysicist.
memang beda philosophy cara analysis dan perhitungan nya.
contohnya kalau petroleum engineer di tanya 2 dibagi tiga sama dengan berapa
maka otomatis mereka akan mengambil calculator nya lalu dengan mantap menjawab:
0,6667  sedangkan kalau
geologist di tanya 2 dibagi tiga sama dengan berapa,  maka jawabannya :  antara
nol dan satu tetapi lebih dekat ke satu.  nah kalau gilirannya geophysicists
yang di tanya maka  dia akan mempersilahkan masuk ke kantor nya lalu bertanya
balik,  maunya berapa.  (tapi jangan tanya anak ITB 2 + 2 adalah berapa )
itu joke yang selalu di berikan pada waktu penjurusan di salah satu universitas.
ini ada dasarnya,  yaitu petroleum engineer selalu meng-inginkan angka yang
unique, jadi setiap persoalan selalu di usahakan untuk dianalisa secara
kuantitatif, sedangkan geologist lebih senang analisa kualitatif dan bisa
membuat kesimpulan dari data yang sedikit saja  walaupun kemunkinan solusinya
lebih dari satu jawaban.
Nah....jika suatu persoalan makin banyak kemungkinan solusi nya makin senang
geophysicistnya, karena setiap kemungkinan bisa dibuatkan modelnya,
justifikasinya etc.  sehingga bisa buat beberapa jawaban tergantung dari situasi
(maksudnya, tambahan data  atau bias dari orangnya).

itu cara analisa dari ketiga jenis profesi, tetapi kalau anda mau jadi
petrophysicist,   anda tidak boleh berpikir seperti salah satunya saja.  anda
harus berpikir seperti ketiga-tiganya.

Kalau orang menyebut Petrophysics, banyak orang berpikir tentang well log saja,
sebenarnya  well log hanya salah satu bagian dari petrophysics.   Petrophysics
adalah ilmu mengenai sifat physics dari batuan.  jadi apakah di dapat dengan
pengukuran dengan well log atau di dapat dari analisa   batuan dari sample rock
(dari core, cutting, outcrop, etc).
karena pengukuran sifat physics dari batuan boleh dibilang agak susah dilakukan
tanpa mengukur sifat physics dari fluida yang mengisi pori-pori batuan tsb. ,
maka pengukuran sifat fluida juga di masukkan dalam petrophysics.

itu secara umum,  kalau mau lebih detail nanti saya kirimkan beberapa artikel
lewat japri.
terutama materi kuliah TG423, lengkap dengan hitungan-hitungan nya.

fbs

syudkirman - <ikus_geophysics_unhas@xxxxxxxxx> on 11/02/2001 01:00:47 PM

Please respond to fogri@xxxxxxxxxxxxx

To:   fogri@xxxxxxxxxxxxx
cc:    (bcc: Franciscus Sinartio)
Subject:  [fogri] log??????????

Saya ini masih mahasiswa di Jurusan Fisika Program
Studi Geofisika Universitas Hasanuddin. Saya mau
nanya, yang paling bagus untuk jadi petrophysicist itu
sebenarnya siapa? apakah geophysicist atau geologist.
Atau memang ada program studi tertentu untuk itu.

Karena di tempat saya log tidak dikuliahkan, saya
ingin tanya, kalo ingin jadi seorang yang ahli di
bidang log apa saja yang harus dipelajari?

Trus....apa saja sih yang diperoleh dari log? Hebat
mana dari seismik?

Saya kira itu dulu, atas penjelasannya saya ucapkan
terima kasih.

Syudkirman
Geofisika - Unhas