[fogri] Re: log??????????

  • From: "Paulus Allo" <Paulus_Allo@xxxxxxxxxx>
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 2 Nov 2001 13:15:52 +0700

coba ikutan nimbrung ahhh....
(CMIIW)

Saya ini masih mahasiswa di Jurusan Fisika Program
Studi Geofisika Universitas Hasanuddin. Saya mau
nanya, yang paling bagus untuk jadi petrophysicist itu
sebenarnya siapa? apakah geophysicist atau geologist.
Atau memang ada program studi tertentu untuk itu.

PTA:
kalau tidak salah emang ada program studi khusus ttg petrofisika,
tapi kalau utk di indonesia, saya gak tahu tempatnya. (atau emang gak ada?)
biasanya sih kalo waktu kuliah suka ada mata kuliah petrofisika,
tapi tergantung univ.-nya juga sih.

Karena di tempat saya log tidak dikuliahkan, saya
ingin tanya, kalo ingin jadi seorang yang ahli di
bidang log apa saja yang harus dipelajari?

PTA:
apa yg harus dipelajari?
kalo mo jago ttg log, yah harus belajar log.
selain itu sih harus belajar geologi dan geofisika.

Trus....apa saja sih yang diperoleh dari log? Hebat
mana dari seismik?

PTA:
yg didapat dari log?
wah..ada banyak buangett, tapi yg umum:
-. Gamma Ray (utk mengetahui intensitas radiasi sinar gamma)
-. Sonic (utk mengetahui besar cepat rambat bunyi)
-. density
-. resistivity (utk mengetahui besarnya resistivitas tiap lapisan)
-. neutron porosity (utk mengetahui besarnya porositas)

dlsb (masih banyak lagi tapi saya gak hapal....)
hebat mana? perbedaan antara seismik dan log adalah
pada log data yg didapat sangat akurat scr vertikal,
tapi scr lateral tidak.
kalau seismik kebalikannya.
lagipula kan bukan masalah mana yg lebih hebat,
karena pada saat interpretasi harus menggunakan integrated data,
jadi bukan seismik saja atau log saja.

Saya kira itu dulu, atas penjelasannya saya ucapkan
terima kasih.

PTA:
sama-sama.