[fogri] Re: log??????????

  • From: <herman.h.darman@xxxxxxxxxxxx>
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 7 Nov 2001 07:13:51 +0800

Kalau saya lihat petrophysicist memang anak tiri di geologi dan
geofisika. Karena mereka tidak terlalu banyak bergaul dengan rocks,
tapi lebih banyak dengan curves dan physical readings.

Untuk S2 dibidang geologi perminyakan rasanya perlu ada pelajaran
well-log, focus di interpretation. Kalau S2 ITB bukan untuk petroleum
geologist, makanya tidak ada well-log / petrophysicist.

Untuk real petrophysicist, mereka hanya perlu dapat sedikit 'geoscience' saja.
Makanya orang wireline Schlumberger dan Halliburton banyaknya dari
jurusan Mesin, Fisika, Kimia dlsb. Mereka perlu konsep 1D saja tidak
perlu punya bayangan 3D atau 4D yang critical bagi geologist.

Herman

----