[nasional_list] [ppiindia] Apa kalian mau membubarkan Indonesia ?? Re: to Lina : Syariat Islam? Mukelu Jauh..

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 23 Feb 2006 05:04:21 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Baru beberapa hari tidak buka milis
ini, saya bingung mau memulai
dari mana. Tapi alas an saya mensharingkan pendapat dibawah ini (dgn
judul Filsafat Syariat Islam) adalah untuk memberikan gambaran bahwa
pada dasarnya agama Islam maupun Kristen (sebagai ajaran, bukan
manusia-manusianya)yang mempunya kitab suci, sama sama mengajak
manusia untuk mentaati hukum, bukan untuk melanggar hukum. Hukum
dibuat untuk ditaati, bukan untuk dilanggar, karena dalam ajaran
langit ada sangsi /konsekwensi ¡§dosa¡¨ bila melanggarnya, sedang
dalam ajaran duniawi ada sangsi hukum. Hanya saja kitab terdahulu
sebelum AlQur¡¦an, baru merumuskan apakah makna hukum itu (belum
sampai pada hukum duniawi). Mungkin semua ini terinspirasi karena
bung Bobby dan bung Akusaya.

Buat bung Bobby: TTMnya berarti Teman Tapi Maksa ?...:-). Tapi yang
bagus adalah MTM (Mantan Tapi Mesra)

Buat bung Akusaya: Mungkin yang sampeyan ingin katakan adalah:
(kata) pelanggaran muncul karena adanya (kata) hukum, kalau tidak
ada (kata) hukum maka tidak akan (kata pelanggaran.). Bagaimana
kalau kita balik paradigma berpikir bahwa hukum itu ada karena
adanya pelanggaran ? biar AlQur¡¦ani dan Alkitabiah¡K?º. Beginikah
seharusnya manusia berfikir bahwa Kehendak Tuhanlah yang harus
dijadikan sumber hukum, bukan akal manusia¡Kkarena akal manusia bisa
terbalik-bulak, seusai kebutuhan nafsu.

Inilah Filsafat Syariah Islam, yang banyak disarikan dari pemikiran
Sayyed Hossein Nasr (banyak orang menggolongkan beliau sebagai
Islam  liberal, tapi beliau sendiri tidak mengatakan dirinya seorang
liberalis, cuma neo fundamentalis)¡K:-)

Filsafat Syariat Islam (1)

<bersambung>...ini cuma pengantar doang.

wassalam,

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, Robertus Budiarto
<budiartobobby@...> wrote:

> Lina Dahlan <linadahlan@...> wrote:
>   Itu kan pendapat/kesimpulan bung Bobby setelah banyak membaca
> pendapat orang di banyak milis. Berarti bung Bobby tidak membaca
curhat saya...:-( dan langsung mengeneralisir.

>   Bobby ngejawab:
>   wah sorry deh..  bukan maksudku untuk membuatmu sedih mbakyu..
hatiku ikut :-(