[nasional_list] [ppiindia] Apa kalian mau membubarkan Indonesia ?? Re: to Lina : Syariat Islam? Mukelu Jauh..

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 20 Feb 2006 08:17:45 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx,
Robertus Budiarto
<budiartobobby@...> wrote:

> Lina Dahlan <linadahlan@...> wrote:
>   Bung Bobby,
> Apa begini kesan yang ada dalam curhat saya tempo hari?
> Karena saya pikir dalam curhat saya itu menegakkan Syariat Islam
bukanlah harus membubarkan Indonesia.

>   Bobby ngejawab:
>   Mbak Lina, menegakkan Syariat Islam itu kan artinya mendirikan
negara berdasarkan hukum Islam, Negara Islam. Lah kalau ini ya
berarti kan mengganti Pancasila dan UUD ...ini berarti Indonesia kan
harus bubar.

>   Lah kalau penegakan Syariat Islam berarti mengamalkan agama
Islam tanpa menggunakan kekuasaan negara, ya silakan saja.

Lina:
Itu kan pendapat/kesimpulan bung Bobby setelah banyak membaca
pendapat orang di banyak milis. Berarti bung Bobby tidak membaca
curhat saya...:-( dan langsung mengeneralisir. Saya tidak pernah
mengatakan untuk mengganti Pancasila dan UUD kan? Saya sadar kok
kalo Pancasila dan UUD itu sudah cukup islami.

Pendapat bung Bobby yang "Lah kalau penegakan Syariat Islam berarti
mengamalkan agama Islam tanpa menggunakan kekuasaan negara, ya
silakan saja", buat saya berarti bung Bobby masih mengartikan
Syarikat Islam dalam pengertian sempit. Tapi saya maklum. Wong Umat
Islam saja masih banyak mengerti dalam arti yang sempit itu.

Nanti deh, insyaallah kalau ada waktu saya curhat lagi soal Syariat
ini dan akan saya bandingkan dengan teologi2 Kristen. Moga2 akan
menjadi jelas bahwa kitab suci terdahulu (Taurat dan Injil) adalah
pembuka jalan bagi adanya Syariat yang dibawa AlQur'an. Itu artinya
alkitab terdahulu belum mengandung syariat.

Terserah deh sampeyan mau baca atau gak curhat saya nanti dengan
cermat. Tapi, saya yakin ada pembaca lainnya yang akan membaca
dengan cermat.