[list_indonesia] Re: [ppiindia] Re: Demi Judi, Saya Rela Masuk Neraka

  • From: Yustam@xxxxxxxxx
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 23 Mar 2005 11:19:49 +0700

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxx>
wrote:

> Ini bukan menyetujui penyakit masyarakat, tapi meregulasi penyakit
> masyarakat biar gak nyebar kemana-mana.  Amputasi aja disitu.
> Kalo mereka mau sembuh, ya jangan masuk situ.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

betul, negara kita yang hukumnya masih seperti di belantara sana,
masih pula di perkeruh dengan suatu legalitas ditempat berkumpulnya
para preman tersebut.   Mungkin kalau hukum kita sudah jelas, apapun
legalitas yang dibuat oleh pemerintah asal benar-benar fair dan di kontrol
dengan ketat, semua nggak ada masalah  ..

tujuan melokalisir suatu perjudian adalah untuk dengan mudah perjudian
di kontrol dan kemudian di hilangkan,  bukan untuk menarik keuntungan
dan pajak dari perjudian tersebut, jadi penyakitnya di kumpulkan di satu
tempat agar tidak menyebar kemudian di amputasi  .....ini bisa benar-benar
sehat  ....

tujuan bang Ali Sadikin berbeda, yakni melegalisasi perjudian dan
memelihara penyakit tersebut berkembang di masyarakat jakarta,
problem yang timbul tidak diperhatikan, yang penting ada pemasukan
untuk khas negara.   kalau memang yang dipentingkan adalah
khas negara mengapa pula narkoba yang sedang merajalela
di negeri ini tidak di legalkan saja  supaya daerah mendapat dana
dari penjualan narkoba tersebut,  bukan-kah bisnis narkoba
lebih menggiurkan dari pendapatan perjudian  ....?

salam,

wrote:

> Ini bukan menyetujui penyakit masyarakat, tapi meregulasi penyakit
> masyarakat biar gak nyebar kemana-mana.  Amputasi aja disitu.
> Kalo mereka mau sembuh, ya jangan masuk situ.

-------------------

Saya ingin melihat masalah ini dari sisi lain, yang mungkin dapat
sekedar memberikan pandangan tambahan dalam diskusi ini.

Di negara negara maju, yang sudah mapan tatanan hukum dan perilaku
sosial, seperti di USA (Atlantic City, Las Vegas), di Eropa (Monte
Carlo, Baden Baden, dll), saya rasakan, adanya kehidupan yang
terpisah antara masyarakat biasa dan komunitas judi, yang terutama
terdiri dari tourist maupun kelompok tertentu.

Dana dari perjudian di monitor ketat, dan dipakai terutama untuk
proyek proyek rehabilitasi sosial. Jumlah dana ini juga dibandingkan
dengan national income, relatif kecil. Akuntabilitas keuangan negara
di Eropa, terutama Jerman, sangatlah mapan, hingga tak ada dana gelap
yang menggurita ke-mana mana, misalnya untuk membiayai kampanye
partai pada pemilu , pennyuapan pejabat, dll.

Di negara berkembang, saya lihat ada dampak lain yang cukup
mengerikan. Terutama karena tatanan hukum dan perilaku sosial belum
mapan. Yakni, meng-guritanya dana perjudian ini, juga pengaruh bandar
judi dalam kehidupan kemasyarakatan. Bukan perjudian dimonitor
negara, tetapi negara yang dimonitor bandar perjudian.

Mungkin, karena mbludaknya dana berasal dari perjudian ini, maka dana
malah mengalir untuk dipakai untuk menambah anggaran belanja negara,
misalnya untuk membiayai ABRI dan kepolisian. Untuk membeli alat alat
bagi ABRi, misalnya senjata ataupun kendaran kendaraan patrolo bagi
kepolisian. Untuk membiayai kesejahteraan para perwira tinggi.
Misalnya.

Sisi inilah, yang lalu merupakan gurita yang menjerat aparat negara,
yang seharusnya mengamyomi masyarakat, yang berdampak ngeri.

Inipun terjadi di negara negara Eropa, yang belum mapan sekali
tatanan hukumnya, misalnya Italia! Disana, terutama dibagian selatan,
malah menjadi "negara dalam negara", yakni apa yang dinamakan "shadow
economy". Pertarungan antara negara sebagai kekuatan "terang" melawan
dunia bawah (Unterwelt, under world) masih berjalan terus, sampai
kini..

Di USA sendiri sempat terjadi pertarungan, antara kekuatan "gelap"
perjudian ini, dan kekuatan hukum, yakni ditahun 1930an di Chicago.
Pertarungan ini dimenangkan oleh negara, karena kekuatan tatanan
hukum dan moral memang sanggat kuat. Kini, Atlantic City dll
dimonitor negara, bukan sebaliknya...

Tetapi, dinegara negara yang berkembang, seperti Amerika latin, dana
yang dihasilkan dari perjudian ini (juga drugs dan pelacuran)
menggerayang ke-mana mana, dan mencekik kedaulatan negara dari
belakang, dari kegelapan. Lihat Kolumbia, Mexiko, dll...

Salam

Danardono

Disclaimer :
- This email and any file transmitted with it are confidential and
are intended solely for the use of the individual or entity whom
they are addressed, if you are not the original recipient, please
delete it from your system.
- Any views or opinions expressed in this email are those of the
author only.