[nasional_list] Re: [ppiindia] Re: tentang Da Vinci Code

  • From: "Carla Annamarie" <Carla.Annamarie@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 24 Feb 2005 12:05:32 +0700

kultur patriarkat memang sudah ada sebelum terbentuknya agama2 besar spt
Kristen, Islam, Katholik, Budha, Hindhu,dalam agama/kepercayaan kuno yaitu
Dewa Zeus, Ammon, Osiris, dewa matahari, simboliknya laki2.., even
paganisme memang sepertinya ada dominasi matriarkat spt adanya dewi Isis,
aphrodite tp pada dasarnya paganisme mengajarkan balance antara pria dan
wanita (Yin dan Yang).
kemudian bermunculan agama baru spt Katolik, Islam, budha,hindu,kristen,
dimana dalam kitab2 tersebut dominasi cerita adalah mengenai nabi2 yg
notabene bergender laki2. mazhab2 dr Islam pun didominasi oleh kaum laki
dari penulisan maupun subjectnya juga mayoritas laki2.
dalam Budha dan Hindhu pun ada dominasi patriarkat sgt kental, yang paling
berkuasa didalam hindhu pun adalah brahmana (notabene laki2),
krisna(laki2), budha (sidharta gautama) pun diyakini bergender laki2.
perjuangan wanita untuk mendapat hak dan kedudukan yg sama dalam segala
aspek hidup, memang sudah ada sejak lama, bahkan dari jaman dulu udah ada
brave women spt Joan of Arc (prancis) yg memimpin pasukan mengusir inggris
dr prancis dan menyatukan prancis sebagai satu kerajaan, Marie Antoinette,
Ratu2 kerajaan Inggris, Spanyol.
sejak revolusi inggris, semakin gencar perjuangan wanita, diamerika untuk
pemilihan umum baru bbrp periode presiden setelah Independence 1776, baru
wanita diperbolehkan untuk vote..itupun melalui perjuangan yg panjang,
kata Feminisme baru mulai muncul sejak Simone Beauvoir (Pelopor Feminis
modern) yg buku2nya such as ''Prime of Life'' n ''Second Sex''..

my opinion..maybe ada hubungannya dg n Who writes the story n History..,
mungkin aja bnyk untold story abt great of womens from ancient history..bcs
maybe writers were dominated by patriarkat

                      "Ari Condro"

                      <masarcon@xxxxxxx        To:       "Danardono HADINOTO"
<rm_danardono@xxxxxxxx>
                      >                        cc:
<ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>
                                               Subject:  Re: [ppiindia] Re:
tentang Da Vinci Code
                      02/24/2005 10:42

                      AM

                      Please respond to

                      ppiindia

Mas Danardono,
Saya panggil mas biar selalu berjiwa muda ya !   :P

Menurut saya sampean terlalu pesimis, terutama
Tentang potensi agama untuk meninggikan derajat wanita.
Apakah ini gara-gara kultur Katolik ?  Saya tidak tahu.

Tapi saya agak ngerasa (menduga) ini berpengaruh sekali,
saya menyadarinya ketika saya membaca Di Tepi
Sungai Piedra, Aku Duduk dan Tersedu (Paulo Cuelho)
dan Ayu Utami (Saman dan Larung).

dalam khazanah sejarah kita, kita mengenal puan Laksamana Malahayati
(laksamana Wanita Aceh yang namanya saya kutik buat baby kecilku),
kita juga kenal tiga turunan Ratu Aceh, dari Syajarutuddur, dll itu,
kita kenal Ratu Sima, Tribhuana Tunggadewi, Cut Nya' Din, Cut Nya' Meutia,
Ratu Kalinyamat, Prajna Paramitha, dan masih banyak srikandi lainnya.

Pengaruh dunia lain yg sedang berperang (yg otomatis membuat sifat
patriarkis
jadi menonjol) lah yg hemat saya membuat bagian dunia lain yg bersifat
lebih feminis jadi ikut-ikutan.

Ingat lgenda Mulan.  Bahkan wanita pun terpaksa jadi warrior.
Dan Margaret Tatcher atau Empress Wu terpaksa menggunakan
gaya patriarkis untuk tetap berkuasa karena kentalnya sifat
patriarki di sekitar mereka.

Tesis inilah yang membuat pemerintahan Megawati kemarin,
tidak sesuai harapan.  (masyarakat masih patriarkis,
orang di sekeliling patriarkis, otomatis pilihan-pilihan
kebijakan yg bisa disodorkan ke masyarakat) bukan kebijakan
yg bersifat feminis, yg mengedepankan aktivitas pengasuhan,
pengembangan generasi muda, pendidikan dan perbaikan komunitas.

salam,
Ari Condro