[nasional_list] Re: [ppiindia] Re: tentang Da Vinci Code

  • From: "Ari Condro" <masarcon@xxxxxxx>
  • To: "Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • Date: Thu, 24 Feb 2005 10:42:02 +0700

Mas Danardono,
Saya panggil mas biar selalu berjiwa muda ya !   :P

Menurut saya sampean terlalu pesimis, terutama
Tentang potensi agama untuk meninggikan derajat wanita.
Apakah ini gara-gara kultur Katolik ?  Saya tidak tahu.

Tapi saya agak ngerasa (menduga) ini berpengaruh sekali,
saya menyadarinya ketika saya membaca Di Tepi
Sungai Piedra, Aku Duduk dan Tersedu (Paulo Cuelho)
dan Ayu Utami (Saman dan Larung).

dalam khazanah sejarah kita, kita mengenal puan Laksamana Malahayati
(laksamana Wanita Aceh yang namanya saya kutik buat baby kecilku),
kita juga kenal tiga turunan Ratu Aceh, dari Syajarutuddur, dll itu,
kita kenal Ratu Sima, Tribhuana Tunggadewi, Cut Nya' Din, Cut Nya' Meutia,
Ratu Kalinyamat, Prajna Paramitha, dan masih banyak srikandi lainnya.

Pengaruh dunia lain yg sedang berperang (yg otomatis membuat sifat patriarkis
jadi menonjol) lah yg hemat saya membuat bagian dunia lain yg bersifat
lebih feminis jadi ikut-ikutan.

Ingat lgenda Mulan.  Bahkan wanita pun terpaksa jadi warrior.
Dan Margaret Tatcher atau Empress Wu terpaksa menggunakan
gaya patriarkis untuk tetap berkuasa karena kentalnya sifat
patriarki di sekitar mereka.

Tesis inilah yang membuat pemerintahan Megawati kemarin,
tidak sesuai harapan.  (masyarakat masih patriarkis,
orang di sekeliling patriarkis, otomatis pilihan-pilihan
kebijakan yg bisa disodorkan ke masyarakat) bukan kebijakan
yg bersifat feminis, yg mengedepankan aktivitas pengasuhan,
pengembangan generasi muda, pendidikan dan perbaikan komunitas.

salam,
Ari Condro