[nasional_list] [ppiindia] Re: Diaspora (etnis) yang patut jadi panutan!

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 09 Nov 2005 06:32:38 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Yahhh mas, celaka memang.

Sudah ditampung baik baik, malah menampar yang punya rumah di Eropa.
Dibeberapa distrikt di Paris kita sudah ngeri jalan jalan. Ini mereka
sekedar minoritas lho. Bayangkan, tingkah mereka ini, kalau jadi
mayoritas. Lihat saja dinegeri lain, dimana mereka mayoritas.

Tawuran, gebuk gebukan, kebodohan, keterbelakakangan, fanatisme
agama...

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, Harry Adinegara
<sans_culotte_30@xxxx> wrote:

> Tergeletik oleh berita2 tentang ulah para imigran, etnis minoritas
dinegara2 Barat, negara Barat sebagai host dari imigran2 ini rupanya
sekarang jadi kalang kabut menghadapi pendatang2 ini.

> Sudah 2 minggu lamanya terjadi rioting di banyak kota di Paris.
Bahkan sekarang mulai merembet keluar perbatasan Perancis, ke Belgia
dan terachir ke Jerman.

> Rioting di terjemahkan oleh yang melakukan huru hara ini ,sebagai
pengejawantahan perasaan yang mereka terjemahkan sebagai pelepasan
amarah  atas tindakan diskriminatip terhadap pendatang, baik oleh
pemerintah maupun oleh penduduk asli host country itu sendiri .
Banyak pengangguran dan akibatnya tingkat kejahatan naik di kalangan
pendatang2 ini.

> Terlepas dari soal diskriminasi ataupun tindakan tidak adil
lterhadap mereka (etnis pendatang minoritas) ini, aku tertarik akan
etnis Tionghoa, yang tersebar diseluruh dunia. Etnis Tionghoa,
disegala penjuru dunia akan anda temui kemana anda pun pergi.
> Etnis Tionghoa sebagai diaspora ras Tionghoa ini rupanya tidak
bertingkah laku seperti etnis minoritas lain yang berdiam di negara2
Barat, contohnya ulah etnis tertentu misalnya  di negara Perancis.

> Bahkan dalam era kelam era Orba, dimana suku Tionghoa mengalami
diskriminasi yang berat, tapi bagaimana sikap mereka? Mereka dalam
pasivitasnya terus bekerja keras. Walaupun mereka mendapat hambatan
mengekspresikan kebudayaannya, tapi  mereka tetap menjunjung tinggi2
nilai kebudayaan Tionghoanya. Etnis Tionghoa tetap kerja dan belajar
keras dalam sikon dan himpitan kesukaran. Alhasil mereka tetap bisa
memelihara jenjang tingkat kehidupan yang relatip tinggi ketimbang
etnis lain. Ini bukan suatu ungkapan chauvinistis atau rasa
keunggulan rasial tapi ini adalah kenyataan yang tidak bisa dibantah.

> Apakah ini karena kebudayaan orang Tionghoa yang telah ribuan tahun
lamanya dan filsafat hidup Confusianisme?  Confusianisme yang
menggembleng watak orang Tionghoa agar menjaga dan selalu berusaha
memperbaiki nasib nya dan keluarganya dalam segala macam kehimpitan
sekalipun. Bila memperhatikan situasi keadaan etnis Tionghoa terutama
di era Orba, sekalipun ada diskriminasi berat mereka tidak berbuat
anarchis. Malahan jalan yang mereka tempuh sesuai dengan dasar
filsafat Confusius mereka berusaha keluar dari himpitan ini dengan
jalan kerja keras belajar keras dan berkiprah memajukan nilai2
kehidupannya.

> Bagaimana di luar negara Indonesia? Bukan rahasia lagi bahwa juga
diaspora etnis Tionghoa ini dimanapun mereka bernaung, mereka menjadi
teladan, teladan sebagai manusia yang sukses baik materiil /maupun
intelektualitasnya. Bukan sebagai rahasia lagi otak2 cemerlang di
negara2 Barat dipegang oleh orang2 Tionghoa.
> Bahkan dalam acara pop macam "The Brainiest Kid" yang
diselenggarakan oleh Channel 10 di Australia . Yang keluar sebagai
juara pertama adalah gadis cilik mungil seorang etnis Tionghoa,
mengalahkan saingan2nya dari pelbagai etnis disini. Etik untuk maju
dan menjadi andalan ortu dan keluarganya mendarah daging bagi orang
Tionghoa.
> Orang Tionghoa tidak neko neko dalam memperjoangkan nasibnya,
apalagi mengambil jalan anarchistis  dalam memperjoangkan nasibnya
sebagai minoritas, sebagai diaspora, mereka kerja keras dan belajar
keras. Mereka tidak menuntut ini itu walaupun secara sosial, hukum
dan politis mereka dikesampingkan.

> Mereka menjalani kehidupannya di luar negara asalnya , mereka
sebagai etnis diaspora cukup  dirangkum dengan kata kata : inilah
etnis yang perlu ditiru caranya membawakan diri, membawakan diri
sebagai tamu (imigran) di negara orang lain. Kerja keras, belajar
keras dan menghormati  hukum host country dan menjunjung tinggi nama
baik keluarganya adalah ciri chas imigran Tionghoa.

> Harry Adinegara.

Give at-risk students the materials they need to succeed at DonorsChoose.org!
http://us.click.yahoo.com/Ryu7JD/LpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM