[nasional_list] Re: [ppiindia] Re: Kehidupan se-hari-hari

  • From: "Carla Annamarie" <Carla.Annamarie@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 18 Feb 2005 12:42:10 +0700

AFAIK, agama itu bukan cuma (ngurus dan) urusan pribadi aja..
Ingat kan pelajaran sd(?) manusia itu adalah mahluk pribadi dan sosial..
Artinya adalah sesuai dengan 'common sense' bahwa ada bagian dari
agama yang memang berkaitan dengan pribadi.. dan ada yang berkaitan
dengan pihak lain (sesama manusia, dengan lingkungan -flora/fauna-).
> agama related nya vertikal dan horisontal.., our personal relationship
with God and our relation with man/environment.., tp kalo urusan masuk
surga itu..personal..pak.., it's God's decision not ur's.., we all never
quite certain abt that rite..?and honestly..keyakinan masuk surga itu
sifatnya pribadi.., mungkin kita baru bisa yakin kalo udah nyampe
disana..:))..

agama itu private domain, krn kalo udah dibawa ke public sifatnya jd
subjective..apalg kalo ada pluralitas agama dan perbedaan pandangan ttg
hal2 yg spiritual..
agama akan jd objective kalo itu dilihat dr hub kita sama Yg Diatas..

                      "irwank2k2"

                      <irwank@bluebottl        To:
ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
                      e.com>                   cc:

                                               Subject:  [ppiindia] Re:
Kehidupan se-hari-hari
                      02/17/2005 10:32

                      PM

                      Please respond to

                      ppiindia

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Carla Annamarie"
<Carla.Annamarie@xxxx> wrote:

> [...]

agama yang memang berkaitan dengan pribadi.. dan ada yang berkaitan
dengan pihak lain (sesama manusia, dengan lingkungan -flora/fauna-)..

Dan gw termasuk yang percaya bahwa agama itu bukan cuma 'domestic
issue'.. that's mean, jangan alergi kalau ada aturan agama..
apalagi kalau dianggap 'mencampuri' kebiasaan (habbit) dan
minat (hobby), misalnya..

Wassalam,

Irwan.K

'Thanks & Giving.'