[nasional_list] [ppiindia] Pertemuan I [2]

  • From: "huttaqi" <huttaqi@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: <atas_nama_seni@xxxxxxxxxxxxxxx>, <gedongpuisi@xxxxxxxxxxxxxxx>, <lepakbersamamawar@xxxxxxxxxxxxxxx>, <sastra-melayu@xxxxxxxxxxxxxxx>, "huttaqi" <huttaqi@xxxxxxxxxxxx>, "Mi'roj of Mind" <Miroj@xxxxxxxxxxx>, <thoriqoh@xxxxxxxxxxxxxxx>, "thoriqoh" <thoriqoh@xxxxxxxxxxxx>, <yisc_al-azhar@xxxxxxxxxxxxxxx>, <CyberDakwah@xxxxxxxxxxxxxxx>, <keluarga-islami@xxxxxxxxxxxxxxx>, <mencintai-islam@xxxxxxxxxxxxxxx>, <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>, <sastrasufi@xxxxxxxxxxxxxxx>, <komunitas-ilalang@xxxxxxxxxxxxxxx>, <sastra-pembebasan@xxxxxxxxxxxxxxx>, <pengarang@xxxxxxxxxxxxxxx>, <penyair@xxxxxxxxxxxxxxx>, <iman-yakin@xxxxxxxxxxxxxxx>, <politikmahasiswa@xxxxxxxxxxxxxxx>, <fundamentalis@xxxxxxxxxxxxxxx>, <salafi@xxxxxxxxxxxxxxx>, <wanita-muslimah@xxxxxxxxxxxxxxx>, <hikmah-islam@xxxxxxxxxxxxxxx>, <islahnet@xxxxxxxxxxxxxxx>, <ummat@xxxxxxxxxxxxxxx>, <tasawuf@xxxxxxxxx>, <masyarakat-muslim@xxxxxxxxxxxxxxx>, <PANatik@xxxxxxxxxxxxxxx>, <huttaqi@xxxxxxxxxxxxxxx>, <huttaqi@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Fri, 18 Feb 2005 11:25:11 +0700

Pertemuan [2]

Belajar agama Umum [2]

Nasib terus membawaku kemana-mana,

sampai satu waktu,

aku memiliki 2 orang sahabat.

Yang satu turunan Cina beragama Kristen dan yang satu adalah umat Hindu.

Yang sampai sekarangpun masih sering aku berhubungan dengan mereka.

Yang satu bekerja di kota `S`, dengan nama `G`,

dan yang satu bernama `Md` yang bekerja di kota 'J',

Seringkali malam-malam hari,

waktu kita habiskan dengan berdiskusi dan saling menghormati.

Satu waktu, pernah si `G` bercerita padaku.

"Eh....Cak hutt.....kapan itu aku penasaran dan ingin berdoa,

tetapi menggunakan gerakan-gerakan sholat"

"Dan aku merasakan keanehan-keanehan yang selama ini belum pernah kurasakan"

"Rasanya lebih khusyuk....",

Aku terhenyak heran dan bertanya ,"Lha kamu berdoa pakai doa bagaimana ??"

"Aku berdoa ya seperti biasanya doa yang kubaca di gereja, yang kunyanyikan
digereja "....

Aku diam dan berkomentar,

"Jangan begitu.....akidah agama jangan dicampur adukkan,

lebih baik engkau dalami saja agamamu".

Karena selama ini, seandainya aku bertemu dengan orang seperti itu,

malahan kusarankan mereka untuk mendalami agama mereka masing-masing.

Menurut keyakinanku waktu itu, kalau orang mendalami agamanya masing-masing,

pastilah orang tersebut akan menemukan satu titik kebenaran yang akan
mengantarkanmereka pada agama Islam.

Sedangkan dengan sahabatku yang beragama Hindu inilah pertama kali aku mengenal
ajaran agama Hindu.

Bahkan demi dilihatnya aku dapat memahami ajaran agamanya,

salah satu kitab suci sahabatku itu diberikannya kepadaku (kitab suci
Atarwaweda)...

insya alloh sampai sekarang masih aku simpan dan kadang saja kubaca.

Terus terang saja,

setelah mempelajari agama Katolik meskipun sedikit,

dan setelah mempelajari agama Kristen meski sedikit,

aku merasa lebih condong pada agama Hindu.

Maklumlah, keluargaku bukanlah dari keluarga yang ketat menerapkan disiplin
Islam,

bahkan bertahun-tahun, aku hanya sholat kalau waktu maghrib saja.

Ya waktu itu hanya Islam asal-asalan atau ikut-ikutan saja.

Maka kukatakan padamu wahai saudaraku,

mengapakah aku lebih condong pada agama Hindu.

Satu hal, mereka adalah umat-umat yang kulihat mayoritas tawadhu,

merendahkan hati mereka,

dan benar-benar agama adalah bagi mereka pribadi.

Tidak suka mencampuri orang lain...

tidak suka menganggu keyakinan orang lain...

dan rasanya penuh kedamaian di dalam ketenangan mereka.

Beberapa cara meditasipun kuperoleh.

Berbareng dengan hal itu,

sebagaimana yang pernah kuceritakan kepadamu,

bahwa aku juga mempelajari silat tenaga dalam,

salah seorang saudara seperguruanku adalah orang yang sudah menguasai yoga
tingkat tinggi.

Bagi dia, minum minuman keras berapapun juga tidak akan mabuk,

karena dia minum, dari ujung jarinya mengalir air yang diminumnya.

Di dalam istilah ilmu jawa, dia juga menguasai ilmu `ngrogoh sukmo`.

satu ilmu untuk memanfaatkan jiwa-jiwa orang yang mati dan memanfaatkan
ilmu-ilmu mereka.

Dari beliaulah beberapa cara meditasi kuperoleh.

Seperti meditasi `bintang-bulan`.

Buku-buku tentang Hindu kukumpulkan waktu itu,

dan kupelajari karena terus terang ku condong pada ajarannya.

Mulailah aku mengenal lebih dalam tentang kitab "Bagavad Githa",

mulailah aku mengenal kisah-kisah pewayangan yang kuanggap waktu itu sumbernya
adalah agama Hindu.

Kisah-kisah Mahabarata, dan Ramayana.....

Hebat..benar-benar hebat...

Bagavad Githa adalah kitab yang sangat detail dan gamblang membicarakan masalah
ROH.

bersambung..

http://us.click.yahoo.com/O.5XsA/8WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM