[list_indonesia] Re: [ppiindia] SBY, PKS, dan Kenaikan Harga BBM

  • From: Aliansi Perempuan Untuk Keterwakilan Politik <aliansiperempuan_apkp@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 18 Mar 2005 03:39:44 -0800 (PST)

PKS memang saya lihat sebagai partai yang santun dalam
menyampaikan sikap sekeras apapun.  Tapi agak aneh
juga ketika melihat fraksi PKS di sidang paripurna DPR
beberapa hari ini.  Mereka menyatakan menolak, tapi
sama sekali tidak melakukan counter terhadap
upaya-upaya para pihak yang ingin mendesakkan agar DPR
tidak mengambil sikap soal BBM.

Sikap PKS yang adem ayem saja terhadap perilaku Agung
Laksono yang sedang menjalankan tugas dari ketua
partainya untuk mengganjal setiap upaya menolak
kebijakan kenaikan BBM melalui DPR, seolah menjadi
pembenaran kabar burung yang beredar. Salah satu kabar
burung itu adalah Aburisal Bakrie menawarkan posisi
sebagai komisaris perusahaannya kepada Hidayat
Nurwahid dengan gaji USD 50.000,- apabila hidayat dan
partainya dapat menyetujui kebijakan kenaikan harga
BBM.  Selain itu juga ada kabar burung lain, bahwa
eksekutif sebentar lagi akan melakukan banyak
pergantian duta besar, sehubungan dengan itu posisi
sebagai dubes ditawarkan kepada partai-partai yang
mendukung kenaikan harga BBM.

Ini baru kabar burung.  masih sangat perlu dibuktikan
kebenarannya.  Tapi penting diketahui publik supaya
tidak terkejut seandainya ini memang benar adanya.

Kenyataanya, sebagai partai baru dan belum pernah
berkuasa, PKS memang perlu kepastian logistik untuk
memperbesar dukungan massa dalam pemilu-pemilu
selanjutnya yang akan berlangsung dengan sistem yang
kian cenderung kepada sistem serba langsung, sangat
ditentukan oleh dukungan media dan karenanya
membutuhkan dana banyak untuk memastikan kemenangan.

salam,
M u l y a n d a r i
Koordinator Nasional
Aliansi Perempuan Untuk Keterwakilan Politik

--- Khairur Razi <rozie@xxxxxxxxx> wrote:

http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0305/18/0802.htm

> SBY, PKS, dan Kenaikan Harga BBM
> Oleh HUSIN M. AL-BANJARI
>
> BANYAK kalangan yang mempertanyakan bagaimana sikap
> yang "benar" dalam konsep politik musyarokah
> (partisipasi, bukan oposisi) yang sedang
> dikembangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
> khususnya ketika menghadapi sebuah kebijakan
> pemerintah yang dirasa bertentangan dengan "nurani"
> PKS sendiri. Ada semacam dilema, di satu sisi Susilo
> Bambang Yudhoyono (SBY) adalah presiden yang diusung
> juga oleh PKS, di sisi lain SBY membuat kebijakan
> yang dinilai bertentangan secara diametral dengan
> [...]
=== message truncated ===