[list_indonesia] Sistem berbahaya Re: [ppiindia] Re: Demi Judi, Saya Rela Masuk Neraka

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 24 Mar 2005 12:06:29 -0000

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, Yustam@xxxx wrote:

> tapi islam datang menyampaikan berita mengenai kebenaran
> di negeri spanyol, yang sampai sekarang masih meninggalkan
> suatu bekas kebudayaan yang tinggi, dan walaupun spanyol telah
> bebas dari para sultan-sultan  arab,  tapi yang mengherankan
> adalah mereka tetap mengenang para pendiri negeri tersebut
> yang di tandai dengan gambar sulthan yang berkuasa di mata
> uang salah satu daerah di spanyol  .....

DH: Benar. Setiap kali kami ke Spanyol, yang tak jauh dari Austria
(15 jam kendaraan), maka kami melawat kesebelah selatan, dimana ada
peninggalan kekhalifatan barat, kekhalifatan Cordoba: Andalusia,
Alhambra, Granada dan Andalusia. Orang Eropa sangat mampu menghormati
sejarah. Demikian juga bila ke Mesir, kita masih dapat kagumi budaya
pharao: ke Luxor, Sphinx dan pyramide.

> tapi dibandingkan dengan belanda,  gambar wilhelmina
> tidak pernah menjadi kenangan bagi bangsa ini, apakah bangsa
> ini tidak berterima kasih pada para penjajah yang telah membukakan
> mata kita akan arti sebuah negara dan pemerintahan,  yang telah
> membuka jalan untuk berhubungan dengan negeri negeri yang lain  ..

DH: beda memang dengan Malaysia, dimana kita masih dapat kagumi
patung Raffles, Cameron, Sir Francis Drake. Juga pintu gerbang
benteng Portugis di Malakka: Porta de Santiago, Bukit Cina, makam
puteri2 Tiongkok.
Penghancuran monumen monumen Belanda terjadi antara tahun 1951 - 1955
dibawah walikota Sudiro, atas perintah bung Karno. saya masih sempat
lihat monumen Jan Pieterszoon Coen didekat sekolah saya Canisius.

> mungkin perbedaannya adalah perlawanan terhadap belanda di
> bangkitkan oleh sultan-sultan yang berkuasa di indonesia, tapi
> kesadaran akan suatu negeri yang merdeka berawal dari permulaan
> abat 20,  zaman cokroaminato, di mana belanda membuka
> lebar bagi bangsa ini untuk berparlemen  ...

DH: Sultan sultan yang memerangi Belanda, ingin mengenyahkan rasa
keterganbtungan dan perdagangan monopoly bagi wilayahnya, mereka
belum mempunyai wawasan Nusantara. Diponegoro, misalnya hanya
berfikir sampai wilayah sekitar desanya.

Wawasan negara baru muncul memang diawal abad ke XX, terutama setelah
Jepang sebagai bangsa kulit berwarna mengalahkan kulit putih, yakni
dalam perang Rusia-Jepang di selat Tsushima, yang diakhiri dengan
kekalahan Rusia dalam perdamaian Shimonoseki. 1901 - 1902.

> saya pikir tiada kemunafikan, karena indonesia yang terjajah
> berabad-abad pun sanggup mengusir para penjajah yang
> bertechnology tinggi akibat keyakinan akan pertolongan
> yang maha kuasa,

DH: Mengusir Belanda? Are you kidding?

Kalau kita mentelaah sejarah secara rapi, maka kita akan sadar, bahwa
yang mengenyahkan Berlanda dari tanah Hindia belanda adalah
Balatentara jepang dengan perdamaian Tuntang, dimana gubernur jendral
Belanda menyerah pada panglima Jepang kala itu. Angkatan laut jepang
jauh lebih canggih daripada angkatan laut Belanda.

Lalu, Jepang enyah dari Indonesia, karena tekanan sekutu yang
menjatuhkan dua bom atom pada 6 Agustus 1945 dari ketinggian 500
meter. Jepang tak menyerah pada pasukan Indonesia.

Pasukan KNIL yang memasuki kembali Indonesia, meninggalkan Indonesia
pada akhir 1949 karena perintah ratu Belanda, sebagai hasil
penyerahan kedaulatan di Den Hag. Juga tekanan berat dari US dan
Australia serta India (merdeka pada 1947).

Pasukan kerajaan Belanda TAK pernah menyerah pada pasukan Indonesia

Jangan lupa, setelah proklamasi 17 Agustus, Indonesia lenyap dari
peta, karena diduduki pasukan Belanda. Pasukan belanda menduduki
Jakarta dan Jogya, bung Karno dan bung Hatta dibuang ke pengasingan.
Indonesia menyatakan pemerintah darurat di Sumatra dibawah Mr.
Sjafrudin Prawiranegara.

Serangan terkenal yang dinamakan "serangan oemoem 1 Maret" itu hanya
berlangsung beberapa jam. (Istana Pakualaman terletak disebelah rumah
saya. Juga istana Sultan tidak jauh).

Dalam encyclopedia international, kedaulatan Indonesia terhitung dari
Januari 1950.

Salam hangat

Danardono

Give underprivileged students the materials they need to learn.
http://us.click.yahoo.com/4F6XtA/_WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM