[list_indonesia] [ppiindia] Re: Perkawinan Deddy Corbuzier dan Kalina

  • From: "Ida Z.A" <abidin_ida@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 14 Mar 2005 07:59:13 -0000

Mbak Lina, sy jg msh belajar jd anggaplah disini kita saling belajar
yah. Islam itu agama yg sempurna dan salah satu kesempurnaan islam
adl mengatur kehidupan sedemikian detil seperti dijelaskan dlm
alquran "dan kami telah menurunkan alquran untuk menerangkan segala
sesuatu" (an Nahl: 89). setahu saya quran dan hadist mengatur
perkawinan secara komprehensif. dan dlm indeks alquran dijumpai
sekitar 37 ayat ttg perkawinan.

adl menjadi kewajiban kita untuk saling mengingatkan sesama muslim
apabila mereka ingin melakukan perkawinan beda agama. islam sendiri
mengaturnya dgn jelas dan aturan itu telah berlangsung sejak islam
dikumandangkan hingga sekarang. kalau pada akhir2 iniperkawinan beda
agama menjadi satu hal yg biasa, bukan semestinya kita membiasakan
diri dengan kebiasaan itu yang bertentangan dgn ketentuan Allah.
bukan suatu alasan bahwa suatu hal yg telah menjadi biasa di
masyarakat lalu kita biarkan meskipun hal itu bertentangan dengan
keyakinan kita.

Semua ulama sepakat mengatakan haram, sedang aku masih
> merasa keharamannya ini tidak jelas-jelas tertulis dalam AlQur'an.
> Jadi, ini hanya merupakan kesepakatan ulama saja dari
> menginterpretasikan ayat2. Masih debatable. Beda dengan haramnya
> babi, khamar, & berjudi...

Kesepakatan ulama tentu saja berdasarkan aturan yg telah ditulis dlm
alquran dan sunah.( sesungguhnya alquran itu petunjuk bagi orang2 yg
berpikir).

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxx>
wrote:

> [...]
> agama...:-). Semua ulama sepakat mengatakan haram, sedang aku masih
> merasa keharamannya ini tidak jelas-jelas tertulis dalam AlQur'an.
> Jadi, ini hanya merupakan kesepakatan ulama saja dari
> menginterpretasikan ayat2. Masih debatable. Beda dengan haramnya
> babi, khamar, & berjudi...
>
> Setauku (krn terbatasnya pengetahuan) ayat yang dipakai utk
> pengharaman ini adalah ayat yang melarang menikahkan wanita mukmin
> dengan laki2 musyrik (bukan laki2 non Islam). Jadi soal Mukmin dan
> Musyriknya ini masih bisa dipertanyakan. Nyatanya orang Islampun

Mereka

http://us.click.yahoo.com/O.5XsA/8WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM