[nasional_list] syariat versi siapa? Re: [ppiindia] Pikiran beku....diskusi diantara kita

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 27 Feb 2006 15:11:58 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Dari adik adik yang muda, banyak saya
ambil pelajaran. Misalnya yang
mas Nug sampaikan kepada mbak Aris berikut ini:

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, Nugroho Dewanto <ndewanto@...>
wrote:

> ============

1) dik aris, anda sungguh tak memahami perbedaan antara cuci otak dan
> pilihan keyakinan.
>
> kalau anda berpendapat yang anda yakini sekarang merupakan
> pilihan, ya terserah anda.
>
> saya pun tak menuduh anda mengalami cuci otak. tidak
> sama sekali.
>
> saya menghormati pilihan anda.
>
> bahkan saya akan membela hak anda menyampaikan
> pendapat, kendati saya sama sekali tak setuju dengan pendapat
> anda. itulah demokrasi.

DH: sesungguhnyalah, demikian. Kita dapat berdebat sengit tanpa
takut diancam oleh kekuatan negara atau siapapun, karena NKRI
menyediakan kerangka untuk itu: bhineka tunggal ika. Kita berbeda
suku, berbeda budaya, berbeda adat istiadat, kita berbeda agama,
namun kita duduk sebagai sama rendah, berdiri sebagai warga sama
tinggi. TAK ada satu agamapun yang diunggulkan, menjadi tuan rumah
agama agama lain..
> ==========

2) hehehe mengapa fundamentalisme disamakan dengan islam?
> fundamentalisme dan scripturalisme ada di setiap agama dan
> keyakinan.
>
> saya tak mungkin membuat citra buruk tentang islam karena
> sayapun seorang muslim. paham?

Sesungguhnyalah demikian. Fundamentalisme ada pada tiap faham, tidak
saja agama. Pada dasarnya, fundamentalisme sendiri belumlah
membahayakan, namun, apabila ini menjadi radikalisme, system
autoritair, yang berbeda dibabat, digebuk, nah inilah baru fasisme.
patut ditolak.
> ============

3) hampir semua gerakan islam menyatakan setuju dengan syariat islam.
> tapi syariat islam seperti apa? ternyata ada banyak sekali
perbedaan tafsir diantara mereka.

> antara hizbut tahrir dengan pks saja berbeda ideologi dan tafsir
> tentang syariat islam. contohnya pks setuju demokrasi dan bersedia
> masuk parlemen/pemerintahan. hizbut tahrir menolak ikut politik
> formal, menolak membentuk partai politik, menolak ikut
> pemilu, tapi sibuk bicara politik dimana-mana, di setiap
kesempatan.

> [...]
> samudra berjudul "aku melawan teroris."
>
> bila salah satu dari mereka berkuasa, dengan syariat islam
> versi mereka, maka bisa dipastikan kelompok yang berbeda dengan
> mereka akan ditumpas habis. peristiwa semacam itu
> sudah pernah terjadi di masa dinasti umayah dan abbasiyah dulu.
> dan di afganistan semasa taliban baru-baru ini.
>
> toleransi mereka atas perbedaan pendapat kecil sekali.
> apalagi masing-masing merasa sudah mendapat franchise untuk
> berbicara dan bertindak atas nama Tuhan.
>
> nah, disitulah untungnya negara kita negara hukum berdasar

DH: Sesungguhnayalah demikian. Kerasaan mendapat hak mutlak dari
Tuhan, merasa paling benar karena dari Tuhan, sementara yang lain,
bukan dari Tuhan, adalah mengerikan. Padahal, Tuhan menyayangi
semua. Buktinya, negara yang makmur tertata juga bukan dari satu
agama saja. Yang terjebak tsunami juga bukan bangsa dari satu agama
saja.

> ===========

4) menurut anda khilafah adalah ideal?

> [...]
> london dan paris masa sekarang. disana ada kecemerlangan dan
> kemajuan peradaban sekaligus erotisme dan hedonisme.
>
> peradaban baghdad pada akhirnya adalah peradaban yang
> profan. bukan peradaban yang suci. memangnya waktu
> peradaban baghdad semua setan dan iblis mengambil cuti
> panjang?
>
> dunia ini memang tidak sempurna. dan tidak akan pernah
> sempurna. kesempurnaan yang abadi cuma ada kelak di
> kampung akhirat.
>
> atau anda mau meniru yudas yang menginginkan terwujudnya
> kerajaan Tuhan di dunia? suatu hil yang mustahal, kata asmuni.

DH: sesungguhnyalah demikian. Kota indah pemukimanku, Vienna, pernah
dua kali dikepung dan ditembaki meriam oleh pasukan negara syariat,
yaitu kerajaan Usmanyah: pertama kali Juli - September 1529, kedua
kali, lagi lagi Juli - September 1683 .

Jadi apanya yang kehendak Allah? Perampokan, perampasan dan
perkosaan. Ini kehendak Allah? Dan dengan kocar kacirnya pasukan
khalifah, ini berarti rakhmat Allah bagi mereka? Tidakkah Allah
mendengar isak tangis mereka yang diserang, dibakar rumahnya, dan
diperkosa wanitanya? Sejak itu, sinar kekaisaran Austria membentang
dari laut Adria sampai Eropa utara! kekhalifatan Turki? Tahu sendiri
kan?