[nasional_list] syariat versi siapa? Re: [ppiindia] Pikiran beku....diskusi diantara kita

  • From: Nugroho Dewanto <ndewanto@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 27 Feb 2006 21:16:52 +0700

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **At 07:13 PM 2/26/06 -0800, you wrote:
> [...]
> dia lahir, remaja, besar dan dewasa dia telah -sengaja atau tidak sengaja
> disetting mind-nya dengan sistem itu.
>
>   Apakah itu suatu pemaksaan? Tentu tidak karena sistem itu sudah menyatu
> dalam kehidupan sehari-hari kita. Menu informasi yang kita peroleh
> itu-itu saja tak ada sedikitpun apa  yang aris haturkan ada di file benak
> kita. Infomasi itu telah tersetting oleh sistem yang ada. Ditambah lagi
> kita hidup dilingkungan yang kondusif banget dengan sistem itu. Mas
> Nugroho di Tempo, sahabat-sahabat mas Nugroho sangat berpengaruh terhadap
============

dik aris, anda sungguh tak memahami perbedaan antara cuci otak dan
pilihan keyakinan.

kalau anda berpendapat yang anda yakini sekarang merupakan
pilihan, ya terserah anda.

saya pun tak menuduh anda mengalami cuci otak. tidak
sama sekali.

saya menghormati pilihan anda.

bahkan saya akan membela hak anda menyampaikan
pendapat, kendati saya sama sekali tak setuju dengan pendapat
anda. itulah demokrasi.

>   Mas terlalu menakut-nakuti rekan-rekan disini dengan kata-kata Islam
> Fundamentalis yang dihadiahi buat aris. Itulah salah satu contoh stigma
> dan pecitraburukan terhadap Islam, khususnya untuk aris.
==========

hehehe mengapa fundamentalisme disamakan dengan islam?
fundamentalisme dan scripturalisme ada di setiap agama dan
keyakinan.

saya tak mungkin membuat citra buruk tentang islam karena
sayapun seorang muslim. paham?

>   Mas Nugroho,
>   Berbeda dengan mas aris sedikit banyak mengenal beberapa gerakan Islam.
> Memang banyak organisasi Islam. Perbedaan diantara mereka adalah rahmat,
> mayoritas tak ada yang menolak syariat Islam. Apa yang Mbah Danar pun
> aris tahu itu gerakan apa. Aris memahami ada yang sudah diluar jalur
> Islam.  (contoh mbah Danar salah satunya). Tapi aris ndak mau ghibah,
> jadi cek ricek aja langsung ke sumbernya.
============

hampir semua gerakan islam menyatakan setuju dengan syariat islam.
tapi syariat islam seperti apa? ternyata ada banyak sekali perbedaan
tafsir diantara mereka.

antara hizbut tahrir dengan pks saja berbeda ideologi dan tafsir
tentang syariat islam. contohnya pks setuju demokrasi dan bersedia
masuk parlemen/pemerintahan. hizbut tahrir menolak ikut politik
formal, menolak membentuk partai politik, menolak ikut
pemilu, tapi sibuk bicara politik dimana-mana, di setiap kesempatan.

antara kaum salafy yang sama-sama fundamentalis memang banyak
perbedaan pendapat. bahkan perbedaan itu sangat keras. dengan dasar
argumen teologis masing-masing.

kaum salafy jihadi (semacam kelompok imam samudra)
menghalalkan bom bunuh diri di masa damai. sebaliknya kaum
salafy non jihadi (semacam laskar jihad-nya jafar umar thalib)
mengharamkan aksi semacam itu. menurut mereka aksi
menewaskan orang/lawan hanya boleh dilakukan dalam situasi
yang jelas yaitu perang.

kaum salafy jafar umar thalib bahkan mengancam akan menangkap
dan menggantung sampai mati pelaku bom bunuh diri di masa
damai.

lukman baabduh yang sekarang memimpin kaum salafy non jihadi
menggantikan jafar umar thalib menulis buku berjudul "mereka
memang teroris." buku itu merupakan respon keras atas buku imam
samudra berjudul "aku melawan teroris."

bila salah satu dari mereka berkuasa, dengan syariat islam
versi mereka, maka bisa dipastikan kelompok yang berbeda dengan
mereka akan ditumpas habis. peristiwa semacam itu
sudah pernah terjadi di masa dinasti umayah dan abbasiyah dulu.
dan di afganistan semasa taliban baru-baru ini.

toleransi mereka atas perbedaan pendapat kecil sekali.
apalagi masing-masing merasa sudah mendapat franchise untuk
berbicara dan bertindak atas nama Tuhan.

nah, disitulah untungnya negara kita negara hukum berdasar
pancasila.

> [...]
> mayoritas rekan-rekan dimilis ini. Sejauh penerapan secara mayoritas
> internasional pun tak ada sebuah negara Ideal yang menunjukkan indahnya
> penerapan sekularisme, leberalisme, demokrasi dan pluralisme. Bahkan
> korban dan penderitaan makin berkepanjangan. Sekali lagi bisakah Mas
> Menunjukkan satu negara ideal tersebut?
>
>   Dari diskusi kita, dengan kemudaan dan keterbatasan ilmu, aris berusaha
> menawarkan hal baru -meskipun sejarah telah membuktikan- yang sangat
> berbeda dari pemahaman semua orang untuk keluar dari krisis semua ini.

===========

menurut anda khilafah adalah ideal?

anda kira apa yang berlangsung di masa kegemilangan
peradaban islam di baghdad dulu di masa kalifah harun al rasyid
dan al makmun dari dinasti abbasiyah?

apa anda kira peradaban "berdasar syariat islam" itu isinya
cuma orang-orang alim yang mengembangkan ilmu pengetahuan
dan orang-orang saleh yang kerjanya beribadah saja? tidak nona.

peradaban baghdad masa itu juga menghasilkan fenomena
erotisme seperti bisa dibaca dalam "kisah seribu satu malam,"
cerita para harem yang penuh intrik dan pabrik-pabrik anggur
yang memabukkan.

semua itu bisa anda baca dalam buku "the venture of islam"
karangan marshal hodgson. baghdad masa itu seperti new york,
london dan paris masa sekarang. disana ada kecemerlangan dan
kemajuan peradaban sekaligus erotisme dan hedonisme.

peradaban baghdad pada akhirnya adalah peradaban yang
profan. bukan peradaban yang suci. memangnya waktu
peradaban baghdad semua setan dan iblis mengambil cuti
panjang?

dunia ini memang tidak sempurna. dan tidak akan pernah
sempurna. kesempurnaan yang abadi cuma ada kelak di
kampung akhirat.

atau anda mau meniru yudas yang menginginkan terwujudnya
kerajaan Tuhan di dunia? suatu hil yang mustahal, kata asmuni.

salam,