[nasional_list] [ppiindia] Re: Ancaman Itu Bernama Rancangan Undang-Undang Antipornografi dan Pornoaksi

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 15 Feb 2006 06:59:50 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **ralat: dalam hal ini bukan mas Eko
kali ya? meski yang postingin mas
Eko dari jurnalpere, tapi mbak Mariana Amirrudin.

Karena ditanya gimana menurut saya, ya saya jawab: saya tidak merasa
terhina/rendah/terancam dgn adanya RUU ini karena saya memang tidak
bekerja ditempat yang harus buka-bukaan baju...:-). Mungkin hal itu
semua menjadi ancaman bagi wanita-wanita yang bekerja di
tempat...yang memang harus membuka baju (?).

Saya pikir RUU ini sebetulnya ingin mengajarkan (kembali) kepada
wanita untuk tidak berperilaku sebagaimana wanita jahiliyah atau
kafir. Kalau mau mencari nafkah pergunakanlah modal akal, tenaga dan
kemampuan yang bukan "kemampuan". Bukan kemolekan tubuh. Semua ada
proporsinya. Itu yang namanya kita berlaku adil pada diri kita
sendiri dan kita bertanggung jawab atas nikmat kesempurnaan tubuh
yang telah Allah limpahkan kepada kita.

Mas Nizami, saya pikir bukan juga harus membasmi ..pendukung
pornografi ini...tapi coba dimengerti mengapa mereka bereaksi
seperti itu? dan pikiran/ide-ide mereka itu perlu dianalisa paling
gak di counter/di jawab dgn baik. Walaupun saya tidak mengerti
sepenuhnya pikiran mereka.

Untuk jurnalperempuan dan lembaga2 pere lainnya, bila memang ingin
melindungi dan mengangkat derajat perempuan, saya kira yang
terpenting adalah memajukan pendidikan bagi kaum perempuan Indonesia.
Saya teringat tulisan mbak Mira tentang totally fight atas
disubordinasi kaum pere di milis ini beberapa minggu lalu. Saya kira
itu lebih penting untuk diperjuangkan. Semisal, bagaimana merubah
peraturan dalam perusahaan/industry agar hak dan kewajiban antara
pria dan wanita itu sama. Lebih kongkritnya lagi kalau
dipertanyakan: mengapa ya kok kebanyakan buruh perempuan lebih
banyak dipekerjakan di pabrik ketimbang buruh laki?
Pasti jawabannya kan karena membayar buruh perempuan itu lebih
murah? Kenapa lebih murah? sedih kan?

Juga soal program KB, kenapa aplikasinya harus ditekankan kepada
kaum pere...:-). Saya saja sampe dapet penghargaan dari pemda
setempat karena program KB ini? he..he...laki2 gak pernah dapet kan?

Nah yang begini yang mesti dilabrak!..:-)

wassalam,