[nasional_list] [ppiindia] Mbak Aris tolong jawab pertanyaan saya. Re: PANCASILA is the best?

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 23 Feb 2006 10:48:24 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Gampaaangg kok mbak.

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Lina Dahlan" <linadahlan@...>
wrote:

> LD: Betul itulah pointnya: manusianya.
> Tatkala Pancasila terbukti tak bisa membuat maju Indonesia (ini
> pointnya mbak Aris), disanggah oleh mbah bahwa Pancasila tidak
> dilaksanakan secara konsisten.
>
> Tatkala SI terbukti tak bisa membuat maju suatu negara/daerah, kok
> yang disalahkan SI nya ya, bukan manusia nya yang tidak konsisten
> menjalankan SI.

DH: Tak ada yang menyalahkan SI mbak. baca lagi reaksi reaksi yang
tidak pro SI.

Yang TAK mungkin, adalah membangun SI di wilayah NKRI yang memang
menjadi satu negara karena prinsip sekularnya.

Pancasila, baru dilaksanakan sekian prosen, misi utamanya adalah
keadilan sosial, yang masih jauh. Tetapi Pancasila ini dipilih
sebagai dasar negara bagi beragam budaya dan agama. Ini pointnya.

System apapun, yang menentukan adalah manusianya. Tetapi SI TAK
memungkinkan suku suku yang beragama beda akan hidup dalam satu
kerangka kenegaraan. tak mungkin. Jadi, jangan bicara manusianya,
systemnya saja gak akan jalan dari awalnya. Wilayah wilayah non
Muslim TAK akan mau menjadikan wilayahnya bagian dari negara agama
Islam. Bali mau di SI kan? becanda mbak? Minahasa?

--------------------------

> Makanya, saya setuju dengan usulan untuk memperbaiki moral anak
> bangsa ini dulu. Terutama moral kita sendiri dulu seperti yang
> dikutip dari Islamhouse waktu itu.

DH: Moral yang tertata rapi AKAN menghasilkan negara yang rapi,
lihatlah negara negara maju, yang semuanya NON MUslim itui, tak
perlu di-agama agamakan. Moral dan manusia. Yes. Ini pointnya.
Austria, Swiss, Jepang, Taiwan, New Zeeland, Canada, Monaco,
Luxemburg,semua negara tertata rapi, good governance. SDM mereka
sudah unggul, mereka tak membutuhkan SI untuk makmur..

-------------------------------------

> Toh Rasulullah berhasil membangun Madinah (yang kecil?) itu juga
> dengan memperbaiki moral masyarakatnya dulu.

DH: Betul. Tetapi, apa yang dahulu terjadi mustahil diulangi, ini
tak pernah tzerjadi dalam sejarah, apalagi setelah ribuan tahun.
jamgan jauh jauh, Majapahit saja yang belum lama ini, tak mungkin
kita ulangi, padahal kita jaya sekali.

---------------------------------
> Yap..small is beautiful, isn't it? makanya saya setuju Otda or ide
> negara bagian. Pasti ada yang bingung...:-D
>
> wassalam,

DH: OTDA adalah kurang, secara ketatanegaraan, untuk membuat negara
agama, mengapa? karena dalam OTDA tetap ada kerangka hukum negara
yang memayungi hukum daerah, yang adalah BUKAN kerangka negara agama.

Kalau mau, ya bentuk negara negara kecil yang sebagian memakai SI.
Seperti ketika Majapahit yang jaya ratusan tahun itu runtuh, di
ganti negara negara mini, rata rata kesultanan Islam, yang lalu
gontok gontokkan.

Kita belum lupa sejarah kan?

Salam

Danardono