[nasional_list] [ppiindia] Mbak Aris tolong jawab pertanyaan saya. Re: PANCASILA is the best?

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 23 Feb 2006 08:44:45 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Boleh ikut jawab niyee?

-----------------

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, aris solikhah <fm_solihah@...>
wrote:

>   Maaf ya mas Bobby, bikin senewen terhadap prinsip dan impian
aris ^_^. Kata orang impian itu hak.

DH: Iyalah mbak, termasuk mimpi basah atau mimpi kering..
---------------------------------
>   1. terkait dengan itu aris hanya bisa menjawab "Wahai orang-
orang yang beriman masuklah kamu kepada Islam secara menyeluruh. Dan
janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaithan. Sesungguhnya
syaithan itu musuh yang nyata bagi kamu." (Qs al-Baqarah [2]: 208).
Islam berisi aqidah dan syariah. Kita sebagai muslim tak boleh
membeda-bedakan kewajiban dalam Islam, ibadah atau muamalah atau
aturan lain. Mungkin memang ada perbedaan sudut pandang tentang ap
itu masuk Islam kafaah.

DH: Lalu bagaimana dengan jutaan Muslim yang telah diberi izin
mencari nafkah dinegeri Barat atau Non Muslim? Mereka harus
menghancurkan tatanan kemasyarakatan yang punya rumah, hanya untuk
menjadi "orang Muslim baik?" Bukannya mereka semua malah akan
dideportasi? termasuk saudara saudara Muslim di India? bagaimana
nihh mas Gaggho dkk di PPI India?
-------------------------------------

>   2. Mayoritas keberadaan umat Islam dan gaungnya syiar Islam
bukanlah indikasi bahwa syariat Islam terterapkan, banyak umat Islam
melakukan maksiat dan melanggar aturan agamanya. Agama bukan sekedar
ilmu tapi aplikasi itulah poin terpenting dalam agama Islam, ilmu
untuk amal.

DH: Iyalah ini kenyataannya, seperti di Aceh, mengaku ber SI tapi
akhlak buruk jalan terus. Inilah relitas.

>   3. orang setuju atau tidak terhadap syariat Islam berdasarkan
atas panggilan keimanan dan pemahaman dia tentang Islam. Jika dia
memandang Islam harus dipisahkan dari kehidupan (khususnya negara)
atau paham sekularisme maka dia pun akan menolak syariat Islam
diterapkan. Dan hanya Allah tahu keimanan dan ketakwaan seseorang,
namun kita bisa meraba-raba keimanan seseorang atas kekonsistenan
ilmu agama yang ia miliki dengan aplikasinya.

DH: Tak usah kita mengurus apa yang Allah pikirkan. yang penting,
kita lakukan sebaiknya hidup kita. Dan dalam hal ini mas Bobby
benar, mbak dan kawan kawan kan punya kesempatan, kalau mau lho,
jadi manusia baik, dalam wadah NKRI ya kan? Tak perlu minta SI
dahulu. Sekarang saja tanpa SI, FPI telah menterror, dan kaum Non
Muslim sulit berbuat apa apa. Ya kan?
---------------------------------

>    Meski ini pun tak sepenuhnya menjamin. Bagi aris sendiri, meski
ilmunya sedikit dan tak bisa dibandingkan oleh Cak Nur dalam
kapasitas keilmuan beliau, aris berusaha sebisanya mengamalkan.

DH: mbak tak menjawab pertanyaan mas Bobby: Siapa yang lebih cerdas,
mbak atau cak Nur? Cak Nur menolak SI lho?

------------------------->
>   4. Mas Bobby yang baik,  negara Islam sesungguhnya bukan perkara
yang debatable bagi Rasulullah, Sahabat dan para ulama terdahulu (5
imam mahzab). Debatable sekarang karena mungkin gambaran umat Islam
mengenai negara Islam tidak ada atau dihilangkan dari khasanah
pendidikan Umat Islam, sehingga sejak lahir mereka tak mengenal
Islam, hidup dilingkungan Islami. Berarti kita perlu mengkaji dan
belajar Islam kembali dengan metodenya ditempuh para shahabat.

DH: Lhhooo bagaimana sihh? tentu saja tidak debatable, karena
dizaman rasul tak ada yang memperdebatkan, dan negara Madina yang
kecil mungil itu mudah diaplikasikan. Ribuan tahun kemudian jadi
debatable, karena mustahil idee yang mboten mboten ini.
Banyak lho mbak, warga Turki di Austria  dan Eropa yang hidup
ditengah alam Kristiani sekular, tetapi sangat islami, dan kelakuan
mereka patut jadi tauladan. tak ada masalah bagi mereka.
mau paksa Austria jadi negara islam? Lha nanti dipulangkan kenegeri
asalnya, jadi miskin lagi.
---------------------------------------

> 5. Mas Bobby, jujur menurut aris, meski tidak mustahil, jalan
menuju kesana masih cukup panjang,  Segala sesuatu perlu
dipersiapkan. Apakah Indonesia akan bubar? Menurut mas, jika orang-
orang melakukan perubahan dengan cara damai, empatik, simpatik dan
tanpa kekerasan apakah Indonesia akan bubar........

DH: jawaban ini lagi lagi menunjukkan KEBUTAAN mbak Aris akan hukum
tatanegara!
TAK mungkin sebuah negara diganti hukum dasarnya (konstitusi) TANPA
membubarkannya. Ini sama dengan organisasi yang diubah 100%
AD/ARTnya, ya harus bubar dahulu.
Secara damai? mbok ya jangan mimpi! Orang Minahasa walau dirayu
dengan damai takkan mau menerima SI diwilayah mereka, ini mereka
buktikan tahun 1945 bukan? mereka katakan, kalau dipaksan Piagam
Jakarta, mereka TAK sedia masuk NKRI.
Demikian pula rakyat Indonesia timur lainnya, dayak, Nias,dll.

jadi lupakan deh mbak, mau damai damaian. kalau mau ya pakai
senjata. Monggo mbak. Kita lihat ya ABRI dipihak mana?
--------------------------------
>   Begitulah Rasulullah dalam Sirah Nabawiyah memberikan contoh
metode mengubah masyarakat dan mendirikan negara di Madinah. Saya
cinta Indonesia, tapi apakah benar nih dengan pancasila  maju?
Bonyok-bonyok gini ko mas. Apa salah orang Islam, nasrani, Budha,
Hindu , jawaban aris tak selalu orangnya, tapi juga sistemnya yang
nggak jelas.

DH: Lho mbak. Pancasila ini tak pernah dijalankan secara konsekuen.
Keadilan sosial misalnya. Tetapi, sedikitnya memberikan basis untuk
hidup bersama dimana semua agama dihormati!

Yang membuat boynok adalah manusianya, yang ngakunya beragama tetap
saja berakhlak buruk. Ini malah bukti bagi saya, bahwa agama BUKAN
jaminan, sebuah bangsa atau manusia akan mulia.

So, selain orangnya yang diminta bertaat sama agama masing-masing
juga poin penting sistemnya syariat Islam. (Karena Islam sangat
mengatur bagaimana hubungan baik dan ideal dengan pemeluk agama
lain , ini nggak diterapin di Indonesia juga tuh).

DH: Lho kan ada Kementrian Agama yang mengatur tata kehidupan antar
agama? Lalu kalau FPI dan kaum Islam tertentu ngawaur lalu melakukan
kekerasan terhadap non Islam, apakah ini tidak tambah awur awuran
kalau seluruh negara menjadi negara Islam? belum belum sudah terjadi
ke-semena menaan?
Sehingga umat Islam memahami apa yang ia pahami (tergantung persepsi
dia)  tanpa ada yang memutuskan manakah yang harus dipatuhi,
akibatnya karena tiada kejelasana hukum ini, orang jadi kebingungan
kan.  Begitu juga umat agama lain.

>   salam,
>   aris

DH: ohhhh, jadi umat Islam selama ini, 60 tahun meredka belum faham
apa apa? Tidur apa gimana?