[nasional_list] perang atas nama agama (was: Re: [ppiindia] Re: Kenapa menolak syariat Islam?)

  • From: Nugroho Dewanto <ndewanto@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 23 Feb 2006 17:44:12 +0700

At 05:32 AM 2/23/06 +0000, you wrote:
>sama aja sadisnya, cuma ada kendala di duit...
>sama aja ky di poso, dua2nya edan kok.
>orang2 bosnia dan albania muslim ga punya persenjataan yg
>memadai utk melawan militan kristen serbia.
>kalo seandainya kekuatannya seimbang, maka 18000 jiwa
>muslim bosnia ga akan melayang.
>saya ga bela mana2 bung, cuma sedikit berbagi info aja tuh kalo
>perang bawa2 agama memakan korban berantai seluruh
>negara.
>tenang aja bung, cerita lengkap nya saya tahu kok.
>kalo NATO gak menggalang aksi bombing campaign, maka
> [...]
=========

tepat sekali bung alvin.

sebagian besar perang sesungguhnya didasari naluri
keserakahan manusia untuk menguasai sumber daya tertentu.
kalau bisa memonopolinya.

agama kerap dibawa-bawa dalam perang karena sangat
manjur untuk membangkitkan semangat tempur para prajurit.

mereka mempropagandakan ada nilai-nilai yang lebih tinggi
dari sekadar berebut tanah atau emas. nilai-nilai yang lebih
ukhrawi. sesuatu yang sesungguhnya absurd.

sebelum disebut perang salib, perang antara kerajaan
kristen timur dan kerajaan islam arab sudah sering terjadi.
peperangan itu semata-mata perang antar kekuatan imperialis
yang saling memperebutkan sumber daya.

kerajaan kristen timur dan kerajaan islam arab (yang sudah
lebih lama memeluk agama mainstream) tak pernah
membawa-bawa agama dalam perang yang profan itu.

istilah perang salib baru didengungkan oleh paus urbanus untuk
memikat suku frank dan normand di eropa barat yang baru
memeluk kristen.

dengung perang agama ini kemudian disambut suku seljuk di turki
yang juga baru memeluk islam.

sayangnya dendam perang antar kaum fanatik yang sama-sama
bodoh, liar, dan baru tahu secuil pengetahuan agama ini terus
berlanjut sampai sekarang.

salam,