[list_indonesia] Re: [ppiindia] Re: [ekonomi-nasional] Deklarasi Menentang Iklan Freedom Institute soal BBM

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>, <lisi@xxxxxxxxxxxxxxx>, <ekonomi-nasional@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Thu, 3 Mar 2005 13:34:13 +0100

Sdr Nizami yang budiman,

Betul , kalau harga BBM naik, tak mungkin harga lain-lain bahan tidak akan
bertambah mahal. Patokan ini sudah menjadi hukum umum mekanisme pasar, atau
juga yang dikenal dengan istilah sehari-hari sebagai reaksi berantai
kenaikan harga.

Jadi sekalipun dikatakan bahwa subsidi BBM diabaikan dan sebagai pengantinya
susidi ini disalurkan ke bidang pendidikan dan kesehatan, hematku ini hanya
komestik sepuhan bibir mereah, sebab seperti kita semua mengetahui untuk
bisa belajar baik,  perut mesti kenyang dengan makanan bergizi sebagai dasar
untuk berbadan sehat. Kalau harga bahan kebutuhan sehari-hari naik dan upah
tak berubah, bisa berarti beban kehidupan  masyarakat terististimewa lapisan
bawah yang adalah mayoritas dalam  struktur kepenundukan tetap tak berubah
menjadi lebih ringan untuk dipikul.

Jadi cerita pengusasa negara tentang diperbesar subsidi bidang pendidikan
dan kesehatan hanya akan memberikan efek sementara, dalam jangka panjang
tidak membawa perbaikan hidup, karena langkah langkah pokok yang harus
ditempuh  tidak dijalankan. Yang dimaskdukan dengan langkah pokok ialah
adanya reformassi politik, ekonomi, sosial dan kebudayaan yang mengabdi
kepentingan rakyat banyak.

Sebagai contoh bisa saya kemukakan observasi saya, yaitu misalnya di bidang
kesehatan,  penyakit X menimpa dua orang warganegara RI, yaitu  si A dan B.
A adalah politikus, pengusasa, pejabat berkedudukan tinggi, dan B adalah
serdadu  prajurit kerocok atau orang biasa seperti tukang becak, pekerja
pabrik, pegawai kantor, pak tani, pak nelayan, tukang sapu jalan, tak
pandang bulu apakah agamanya Islam sembayan 5 kali sehari, atau Kristen yang
puji-puji Tuhan tiap hari minggu, atau yang beragama Budddha, Hindu
bakar-bakar kemenyan dan  kaum Al Kafirum, semua ini  satu  rumpun adalah
golongan marginal.

Kalau A ini sakit dan pengobatan dalam negeri tak mampu memberi pelayanan
untuk dia menjadi sehat, dia bisa dikirim untuk berobat di luarnegeri.
Tetapi, bagi  B sudah pasti  malang,  malang seperti orang yang dijatuhi
hukuman mati. Kemampuan kantongnya membatasi pengobatan yang selayaknya
sangat terbatas atau jelas tidak bisa mendapat falisitas.  Kalau penyakitnya
itu parah, maka konsekuensinya hanya tunggu waktu pamitan dengan keluarga
tercinta. See you somewhere in the sky.

Membicarakan hal diatas ini teringat saya pada sebuah ucapan pakar ekonomi
USA bernama Kenneth Galbraith, yaitu tentang  "Horse Shit Doctrine" [doktrin
tai kuda]. Doktrin ini melukiskan  burung gelatik [sparrow] hanya bisa
mencicip sisa-sisa gandum yang tak terkunyak oleh kuda. Burung gelatik ini
tentunya diasosiasikan kepada rakyat miskin atau yang dimiskinkan. Mungkin
tak keliru bila dikatakan bahwa perkembangan politik, ekonomi, sosial dan
kebudayaan di Indonesia  selama ini dipandui oleh "Horse Shit Dokrtine".

Pikir punya pikir,  sekalipun  pemerintah sekarang ini adalah hasil  dari
pemilihan yang dikatakan demokratis,  tetapi politik ekonomi, sosial dan
kebudayaannya sangat kabur. Pemilihan umum yang demokratis, harus disusul
dengan langkah demokratisasi yang kongkrit demi keuntungan perbaikan tingkat
hidup masyarakat mayoritas untuk keluar dari cengkraman
rantai kemiskinan dan keterbelakangan.

Bagi yang mau tambah atau kurangi atau membuat koreksi terhadap coretan ini,
dipersilahkan dengan segala hormat.

Wassalam