[list_indonesia] [ppiindia] Re: Strategi Busuk di Balik Kenaikan Harga BBM

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 03 Mar 2005 01:32:35 -0000

Nah ini yang saya dan Shakespeare maksud...:-) Kalau namanya berubah
jadi swasta selama bisa membawa kebaikan untuk rakyat, mengapa tidak?

Swasta boleh aja masuk (karena nyatanya kita emang butuh swasta),
tapi hendaknya ada keuntungan besar buat bangsa dan rakyat ini (bisa
dinikmati oleh rakyat kecil), misalnya bisa membuka lapangan kerja
yang buanyak, ada perbaikan hidup pada nelayan (wong cilik lainnya),
krn jelas katanya nelayan gak bakalan mampu beli BBM. Mungkin mereka
yang perlu disubsidi oleh pemerintah karena kan pemerintah gak usah
ngurusin harga bensin lagi.

Hmmm...tentunya...orang2 gendut (badut2) di Pertamina gak suka
rencana ini?

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, radityo djadjoeri <radityo_dj@xxxx>
wrote:
> Mas Satrio,
> Info ini saya rasa sudah basi. Mungkin sekitar 5 tahun lalu,
memang sudah ada rencana bisnis-bisnis Pertamina akan 'dipreteli',
artinya swasta (baik nasional maupun MNC) boleh 'jualan bensin dll'
disini. Contohnya Malaysia. Kalau ke KL, pompa bensin tuh yang punya
macem-macem, ada Shell, Conoco dll. Harganya nya tak seragam.
Mungkin juga di negara lain. Kalau di Indonesia? yang punya mitra-
mitra Pertamina, swasta tapi ya tetep berlabel Pertamina. Pemerintah
tak lagi cawe-cawe ngurusin harga bensin, minyak tanah dll. Soal
subsidi itu warisan 'bom waktu' dari Soeharto......

> Pertamina juga memang sudah saatnya 'dipangkas' karena cuma jadi
ajang KKN. Kalah sama Petronas yang sudah mendunia. Pertamina? Cuma
jalan di tempat!