[list_indonesia] [ppiindia] Re: Hak angket DPR soal kenaikan harga BBM..

  • From: "irwank2k2" <irwank@xxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 03 Mar 2005 13:20:14 -0000

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "fauziah swasono" <fauherklots@xxxx>
wrote:

> Salam,

Salam juga.. (ini salam apa ya? salam tempel bukan? :-p)

> Tadinya saya tidak ingin ikut komen soal BBM di milis ini.
> Tapi lama2 rasanya risih juga.

Kenapa jadi risih Mas/Mbak? :-)
Apa karena tulisan dari detik.com ini mulai menyebut DPR
(kelompok dan parpol)?

> Menurut saya pribadi, orang boleh2 saja berpendapat beda termasuk
> soal pro atau kontra kenaikan BBM. Tapi menganggap bahwa pendapat
> kita kebenaran mutlak dan yg bersebrangan dg kita pasti evil
> rasanya kok kayak Om Bush ya.. "either you are with us or
> our enemy.."

Boleh" saja koq berbeda pendapat.. tapi ngomong" soal pro dan
kontra.. rasanya, dahulu kala (2 tahun-an yang lalu) ada yang
'galak banget' kepada pemerintah.. bahkan sampai menghujat(?)/
mengatakan bahwa pemerintah hanya pro pada konglomerat hitam..
berpihak pada wong licik dan bukan wong cilik..

Malah (kalo gak salah) pake acara ngancam bakal narik anggotanya
dari dewan (DPR?), dengan beragam alasan.. tapi nyatanya sekarang
berkata lain.. Memang lidah tak bertulang.. lain dulu lain sekarang..
Atau lagi", ucapan Bang Ali Sadikin bahwa (kebanyakan) ingatan
sejarah orang kita memang pendek -termasuk saya-..
bahkan gak nyampe tahunan (atau bulanan?).. :-(

> Para pendukung policy kenaikan BBM saya kira punya alasan logis.
> Kalau mereka lantas dicap pelacur intelektual atau dibayar,
> bisakah anda membuktikannya? Jangan karena tidak sependapat
> lantas kita bisa memfitnah orang lain.

Baca lagi tulisan di bawah!!
Di bagian mana yang memfitnah seperti yang anda tuduhkan? :-P
Anda saja yang terlalu cepat menyimpulkan..
Coba baca lagi pelan" dan dihayati.. :-)

> Dan jangan memukul rata semuanya: pemerintah pasti salah,
> anggota DPR pasti bejat, aktivis pasti benar.

Lagi".. siapa yang menggeneralisir? Barangkali anda yang lebih
dahulu menyebut anggota DPR pasti bejat..
Di bagian mana tulisan yang menyatakan pemerintah pasti salah
dan aktivis pasti benar?
Coba pikirkan lagi, apa iya mengurus rakyat kecil harus selalu
mengambil dari dana pengurangan 'subsidi' BBM?

Padahal jelas mengurus wong cilik dan mengembalikan milik negara
yang dicuri (dikorupsi, dirampok dll) adalah kewajiban pemerintah..
Memang cara paling gampang mengumpulkan dana adalah menaikkan
pajak dan menghapus 'subsidi'.. (maaf) tidak perlu punya ijazah s3
untuk melakukan itu.. yang tidak lulus s1-pun bisa..

> Analisis sekarang direduksi menjadi pro dan kontra pemerintah.
> Yang sependapat dibilang terkooptasi dan dibeli, yg kritis
> dianggap pembela rakyat. Apakah anda benar2 tahu motivasi
> masing2 mereka?

Memang resiko perjuangan bersama tidak lepas dari motivasi
para pelakunya.. Logikanya, kalau yang bergerak parpol, adalah
sangat logis motivasinya adalah kepentingan politis juga..
ini logika umum (common sense) saja.. Namun kenyataan di tempat
lain, kadang wujudnya parpol tapi malu" meong mengakui motivasi
aksinya adalah politis.. :-P

Untuk kalangan non-parpol, jelas saya gak bisa mastiin sih..
Dukungan atau penolakan yang tulus akan terlihat koq..
sooner or later Wallahu a'lam..

> Saya kenal bbrp pribadi baik di FI maupun di kel. kontra nya.
> Saya rasa pendapat org2 cukup bias thd mereka (baik dan buruknya).
> Entahlah.. saya nggak ingin ikut emosi dan menghujat. Cuma menurut
> saya orang bebas berpendapat tapi hindarilah fitnah.

Setuju.. Insya Allah kita semua juga gitu koq Mas/Mbak
-menghindari fitnah-.. :)

AFAIK, kata menghujat banyak keluar dari kalangan 'lingkaran
kekuasaan' ORBA.. apalagi saat reformasi baru dimulai..
pokoknya siapapun yang mengkritik pemerintah bakal dikatakan
menghujat.. :-P

> Soal hak angket DPR saya malah ingin bertanya: kemana mereka dulu
> waktu masalah APBD dibahas? bukannya pemerintah udah dari dulu
> bilang untuk mengurangi subsidi BBM dianggaran? Bukannya rapat itu
> dulunya bersama DPR? Kok sekarang disaat gelombang protes meningkat
> mereka menuding pemerintah saja? bukannya juga harusnya menuding
> hidung mereka sendiri juga? Itu saja keheranan saya...

Udah dibaca belum poin"-nya kenapa ada hak angket?

> salam,
> fau

Wassalam,

Irwan.K