[list_indonesia] [ppiindia] Re: Digest Number 1625

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 09 Mar 2005 03:42:18 -0000

Terimakasih, mbah
Penjelasan mbah sangat jelas sekali tentang asal usul konsep
trinitas berkibar. Jelas Allah itu esa. Kepribadian Allah berapa?
waah banyak sekali, tidak terbatas tiga.

Kalau orang kayak mbah ini, yang lebih memfokuskan diri pada dharma,
tentu hal begini tak menjadikan diri mbah pusing. Tapi, buat saya
dulu ini membuat saya pusing.

Lalu saya ingin berkomentar soal perkataan mbah:
Di agama lain, juga dalam Islam, juga dikenal, bagian
> bagian yang dianggap wahyu dan tak boleh diperdebatkan.

Setahu saya di Islam tak ada Mesjid atau Institusi Internasional
yang menyatakan bagian wahyu tak boleh diperdebatkan dan harus
diterima sebagai dogma.

Siddharta (yang juga seorang nabi) belum berhasil menjalankan
missinya, maka diutus nabi-nabi kemudian. Mengapa Tuhan mau repot
ngutus nabi, knapa gak sekaligus buat jreng semua umat jadi baik?
Bukankah Tuhan ingin kita bersemangat dalam hidup dan dapat
menghargai hidup? Apa arti hidup ini kalau semua orang baik?
Bagaimana kita tahu baik tanpa ada yang jahat? Bagaimana kita tahu
benar tanpa ada yang salah? etc...

Wassalam,

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "RM Danardono HADINOTO"
<rm_danardono@xxxx> wrote:

> [...]
untuk
> hidup mulia.
>
> Banyak saya lihat romo romo, ataupun pendeta Protestant yang mampu
> ber-api api berkhotbah mengenai Trinitas, dan "siapa Allah itu",
> sampai kita sang umat bingung sendiri, namun, keluar dari gereja,
> perilakunya taksesuai dengan ajaran inti.
>
> Egois. Puas diri. Angkuh. Seingkali arrogant. Dan jarang ber-bakti
> sosial. Tapi paling rajin kalau diundang makan oleh umat.
>
> Jadi untuk apa?
>
> Ratusan tahun sebelum Yesus lahir, seribu tahun sebelum nabi
Muhammad