[list_indonesia] Re: [ppiindia] "Overdosis" Agama --> cinta yg sederhana

  • From: khairuddin siregar <peace14051959@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 24 Mar 2005 10:03:17 +0000 (GMT)

bung mario !!!
check and balance sangat penting, jangan keterlaluan dan jangan pula kekura=
ngan, yang paling enak juga dimana-mana pas sesuai selera. sesuatu yang ber=
lebihan memang sangat tidak diperbolehkan dan juga sebaliknya, dalam hidup =
dan kehidupan ini agama hanya sebagai tuntutan bagaimana menjalankan hidup =
tentram, damai, sejahtera. selain itu juga bahwa hidup kita tidak untuk aga=
ma aja. bukankah demikian bung. Mari kelompok netter tersayang kita memikir=
kan jalan keluar bangsa kita dari keterpurukan di segala bidang kecuali kor=
upsi, karena bangsa kita memang sudah menjadi nomor satu dalam bidang ini. =
saya cukup kecewa dengan pilihan sby namun saya juga tidak punya pilihan la=
in, sebagai bangsa yang bertanggung jawab saya harus memilih, yaitu preside=
n sby. harapan saya semoga tidak hilang dengan berlalunya waktu. Semoga, pa=
ra pemimpin lebih mau sedikit memikirkan kelompok termarjinalisasi dan kelo=
mpok rendah dan semoga tidak membuat macam-macam peraturan yang ujungnya ju=
ga mengangkangi ham.=20

Mario Gagho <gagho@xxxxxxxxx> wrote:

sepakat. overdosis dalam beragama tidak diperlukan.
apapun yg terlalu memang tidak baik. sebagaimana dalam
urusan cinta, overdosis agama juga membuat kita too
possessive. sikap posesif berakibat kurang sehat tidak
saja bagi diri sendiri tapi juga bagi orang lain. dan
membuat nalar logika kurang jalan.

spt yg dikatakan novriantoni di bawah quran secara
gamblang menyatakan agar kita tidak overdosis atau
overpossessive. overpossessive sebenarnya timbul dari
rasa cinta. tapi cinta yg overdosis juga berakibat
akan menyengsarakan bagi dirinya dan bagi yg
dicintainya. dalam konteks agama, ia akan menciptakan
militansi yg akan sangat membahayakan lingkungan
sekitar: hal yg sangat dilarang agama manapun.=20

fungsi agama adalah menciptakan rasa damai di kalbu
pemeluknya. rasa damai itu diharapkan dapat menular
dalam lingkungan sekitar yg beraneka ragam. bila itu
tidak terjadi, maka ada yg salah dalam implementasi
cinta kita.

diskusi agama di milis ini saya lihat (dan sepakat dg
bung ambon yg telah memposting tulisan novriantoni
ini) sedang mengarah ke overdosis cinta agama. semoga
rekan2 yg terlibat dalam diskusi tsb. ada
political-will untuk self-restraint dan berpindah
topik yg lebih urgen: bbm, kemakmuran bangsa, peduli
pada good governance, pendidikan, dll. jgn beri
kesempatan pada kalangan yg skeptik agama (agnostik)
untuk semakin yakin pada adagium bahwa 'agama itu
adalah candu'.

salam damai dan cinta yg sederhana,

--- Ambon wrote:

> http://islamlib.com/id/index.php?page=3Darticle&id=3D773
>=20
> Editorial
> "Overdosis" Agama
> Oleh Novriantoni
> 07/03/2005

> Mungkin karena efek-efek destruktif seperti itulah,
> jebakan overdosis agama sudah sejak lama
> diwanta-wanti agama sendiri. Di Islam, Qur'an dan
> Hadis sudah sejak dini mengingatkan untuk tidak
> keterlaluan dalam beragama. Ayat l=E2 taghl=FB f=EE
> d=EEnikum, lebih kurang dapat diartikan sebagai
> larangan overdosis dalam beragama. [Novriantoni].

Mario Gagho
Political Science,
Agra University, India
---------
A WINNER works harder than a loser and has more time.=20
A LOSER is always "too busy" to do what is necessary.

http://smallbusiness.yahoo.com/resources/=20

Berdikusi dg Santun & Elegan, dg Semangat Persahabatan. Menuju Indonesia yg=

3. Lihat arsip sebelumnya, www.ppi-india.da.ru;=20