[nasional_list] [ppiindia] Re: Kenapa menolak syariat Islam?

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 20 Feb 2006 07:45:44 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx,
"Kartono Mohamad" <kmjp47@...>
wrote:

> [...]
memandang > agamanya. Terutama> dalam soal berpakaian, dan soal
tidak boleh > perempuan bepergian malam selwat> jam tertentu, dsb.

> Lina: Saya kira itu konsekwensi hukum. Orang harus patuh. Kalau
gak, > ya tak usah datang kesana.

> KM: loh kemarin dikatakan bahwa syariat Islam hanya berlaku bagi
yang muslim>  kok sekarang dikatakan bahwa yang non muslim harus
mematuhi.

Lina: pak KM, diatas itu kan pak KM sedang bicara "Syariat Islam
dibeberapa DAERAH di Indonesia". Jadi, pikiran saya SI yang
sedang/telah dicobakan dibeberapa DAERAH. Bukan secara nasional.
Semisal di Aceh itu.

Yang mengatakan SI berlaku bagi yang muslim saja kan bukan saya? Itu
kan usulan dari seseorang yang saya lupa juga sih namanya. Dan pak
KM pun menanggapi postingannya beliau kan?  (Ini biar bung Bobby
ngerti masalahnya).

dengan > kemungkian> pelaksanaannya di Bali, Manado, Papua, NTT?
Kalau ada > umat Islam berwisata> ke Bali, ia harus mengenakan
jilbab dan baju > koko? Apakah polisi Bali harus> memeriksa KTP
setiap pendatang?

> Lina: Tergantung hukum di Bali, Manado, dllnya itu apakah mereka
> memberlakukan Syariat Islam.
>
> KM: kalau dikatakan syari at Islam diberlakukan di Indonesia, ya
semua> daerah yang termasuk dalam wilayah Indonesia terkena
ketentuan itu.

Lina: Sekali lagi pak, karena ini dalam konteks andai SI itu
diberlakukan bagi orang Islam saja.. Gitu kan ya? Jadi, sepertinya
juga gak masalah kan kalau secara menyeluruh diberlakukan di
Indonesia. Saya heran kenapa kok SI ini hanya dicontohkan pada
Jilbab dan Koko, padahal ini masalah kecil. Seolah-olah SI cuma ini
doang.

Setahu saya sih dulu orang Islam di Indonesia sendiri takut kalau SI
diberlakukan akan banyak orang yang keluar dari Islam. Buat saya ya
lucu aja kok takut?

Pak, saya ini pendukung negara bagian atau otda. Biar masing2 daerah
mengatur daerahnya masing-masing.