[fogri] Re: spectral decomposition - mohon pencerahan-

  • From: <rovicky.r.putrohari@xxxxxxxxxxxx>
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 3 Apr 2002 07:32:49 +0800

Sorri kalo nda menjawab tetapi malah mungkin nambah pertanyaan.

Kenapa geologist suka sekali mencari "channel feature" ? Yang terlihat
didalam seismic slice, maupun section adalah "foto" terakhir dari
kenampakan panorama /sayatan. Sehingga channel sand yang
diinterpretasikan dari data log (profile GR dll) yg mungkin terlihat
fining upward dll akan sangat jarang (tidak akan) mempunyai geometri
penyebaran berbentuk channel. Sehingga ketika kita mengkorelasikan atau
membuat modelpun semestinya tidak akan mengikuti geometry dari sebuah
channel ("shoe string"). Channel belt masih mungkin akan terlihat dalam
skala tertentu.

Kalo anda punya AAPG Publication "Stochastic Modeling and
Geostatistics" didepannya (cover) ada gambar beberapa channel yang
saling memotong ... menurutku itu SALAH. Karena satu individu channel
sand tidak terendapakan dan 'terpreserved' dalam bentuk channel seperti itu.

Hal yang sama seandainya kita mempunyai deltaic sedimen ... maka sangat
kecil sekali kemungkinannya membentuk delta geometri. Bentuk yang
terlihat dalam semua fenomena geologi adalah bentuk akhir dari sekian
ratus atau sekian ribu proses yang terawetkan (preserved).
Pemikiran diatas tentunya seolah berpikir continous proccess bukan
episodic proccess.  Pikiran episodic mirip pikiran catastropic.

Yang perlu diingat juga adalah ..... mencari bentuk geometry asal
(preserved original geometry) mirip seperti mencari fosil dalam batuan.
Seandainya tidak ada channel geometry bukan berarti sedimennya bukan
diendapakan dalam channel.

Salam
RDP