[nasional_list] Re: [ppiindia] jilbab -- perketat Aturan Berjilbab::::

  • From: "He-Man" <gorgious@xxxxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Tue, 15 Feb 2005 05:47:55 +0700

Pertama isu syari'at islam ini sebenarnya cuma politik dan cuma buat ngegaet
simpati saja.Contoh saja yang getol di Indonesia buat menegakkan SI
anggotanya mayoritas bukan santri tapi kaum abangan makanya gampang
ditarik masuk kelompok mereka.

Jadi ketika mereka ditanya menegakkan syari'at itu seperti apa mereka
sendiri nggak tau , paling banter cuma gembar-gembor mengenai pelaksanaan
hudud (potong tangan , cambuk dll).Dan akhirnya terjebak pada penerapan
simbol-simbol yang dianggap islami seperti jilbab (juga jenggot).

Yang kedua isu SI ini condong arab sentris kurang memperhatikan
keindonesiaan.Nyaris semua pemimpin kelompok islam fundies
yang memperjuangkan SI adalah orang Arab atau keturunan Arab
yah anda perhatikan saja, dan mereka condong merendahkan
orang ajam (non arab) yang dianggap kurang bener islamnya.
Makanya mereka condong menerapkan Arabisasi termasuk
dalam mode pakaian dengan mengklaim ini adalah mode
pakaian yang paling islami, padahal itu cuma mode pakaian
gurun yang tentu saja sering bermasalah kalau dipakai di
iklim tropis.Makanya di Indonesia bagi santri yang mendukung
tafsiran kepala/rambut harus ditutup tidak pakai mode ala gurun
tapi mode baju kurung atau gamis ala melayu.Beda dengan cewek
fundies yang rata-rata abangan dan mengikuti pemimpin-pemimpin
Arab mereka  yang pake jilbab gondrong ala gurun bahkan di
komunitas mereka condong merendahkan perempuan lain yang
berjilbab tapi tidak ala mereka.Yah liat aja di kampus-kampus
jarang yang jilbab gondrong ini gaul ama yang jilbabnya nggak
gondrong bahkan nggak jilbaban.

Yang ketiga orang fundies ini condong anti perempuan bisa dilihat
wacana-wacana mereka misal yang menentang perempuan jadi
presiden (juga gubernur , hakim bahkan ketua RT) , anti perempuan
bekerja dll.Dan mereka memandang juga bahwa perempuan
(yang tidak berjilbab) adalah penyebab kerusakan moral itulah
sebabnya ketika mereka hendak menerapkan SI secara formal
maka kaum perempuan lah yang mereka jadikan sebagai sasaran
utamanya dengan memaksa memakai kerudung ( di beberapa
tempat seperti di satu daerah di jawa barat keputusan ini cukup
membuat aneh juga soalnya pelacur pun disuruh pake jilbab),
dalam tingkatan lain ketika kekuasaan mereka lebih kuat
biasanya mereka akan lebih banya memberi batasan pada
kaum perempuan seperti melarang perempuan berpergian
termasuk berjama'ah ke masjid , melarang sekolah , kerja dll.

Dalam masalah dress code bagi perempuan ini sebenarnya bukan
monopoli islam fundies tapi semua pengikut kelompok agama
fundies juga melakukannya , dan mereka juga mempunyai
pandangan yang sama bahwa perempuan adalah jelmaan setan.
Contoh kalau ce pakai rok mini trus pergi ke komunitas Yahudi
fundies (getho) misalnya pasti juga dilempari batu.Sama aja
dengan orang-orang katholik fundies juga menerapkan dress
code yang ketat.

Sementara di kalangan demokrat nggak peduli agamanya urusan
privat ini nggak boleh dicampuri , boleh kampanye pakai jilbab
tapi keputusan akhir seorang perempuan mau memakainya atau
tidak adalah atas kemauannya sendiri , tidak boleh dipaksakan.
Bila perempuan tadi lebih nyaman pakai busana sexy dan rok mini
sepanjang itu kehendaknya sendiri maka keputusannya juga harus
dihormati.