[nasional_list] Re: [ppiindia] Usulan untuk Adzan yg indah

  • From: abie zahra <abiezahra@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 31 Jan 2005 23:37:20 -0800 (PST)

Ho oh!!! Saya stuju. It's clear now. The case closed!

eka zulkarnain <ekalucky_01@xxxxxxxxx> wrote:
Yang terhormat para pemberi opini/pendapat:
Saya berpikir bahwa suara adzan melalui pengeras suara
sah-sah saja. Karena menurut pengajaran di agama
Islam, adzan adalah panggilan untuk orang-orang
shalat, untuk menghadap kepadaNya sebanyak lima kali
dalam sehari.
Saya juga tidak berkeberatan jika ada gereja yang
mendentangkan bell, lonceng, gong atau apapun untuk
memanggil para jemaahnya atau menandakan sebuah misa
atau kewajiban menghadap ilahi.
Tapi saya berkeberatan jika kemudian, suara
pengajian disuarakan lewat speaker besar, bahkan
dengan menggunakan dua atau lebih speaker. Atau
suara-suara ceramah ustadz atau kyai dikumandangkan
dengan pengeras suara. Kecuali suara sholat magrib dan
isya yang dilakukan setelah adzan. Meskipun saya
beragama Islam, saya keberatan jika suara-suara di
luar adzan, sholat isya, magrib dikumandangkan lewat
pengeras suara. Meskipun lingkungan di mana masjid itu
berada adalah adalah mayoritas beragama Islam.
O ya...ada kecualinya juga jika gema takbir pada
hari Suci Idul Adha dan Idul Fitri.
Pasalnya, di Arab dan di negara-negara lain yang
mayoritas beragama Islam, hanya suara adzan yang
dikumandangkan lewat speaker, di luar itu tidak....

Eka

--- Elok Dyah Messwati wrote:

> betul,
> berdoa, berdialog dengan sang pencipta itu tidak
> perlu harus diingatkan
> keras-keras..... itu yang lebih indah....: kesadaran
> diri....

=== message truncated ===

=====
Eka Zulkarnain

All your favorites on one personal page ? Try My Yahoo!
http://my.yahoo.com

'Thanks & Giving.'
http://us.click.yahoo.com/mGEjbB/5WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM