[nasional_list] [ppiindia] Ryamizard: Ada Skenario Global Lemahkan TNI

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <"Undisclosed-Recipient:;"@freelists.org>
  • Date: Mon, 6 Feb 2006 01:01:50 +0100

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Refleksi: Apakah TNI sejak Pak Harto
naik panggung kekuasaan dekat dengan rakyat atau alat kaum koruptor nan
penidnas serta perampok kekayaan rakyat? Buakankah karena itu rakyat miskin
melarat diebani hutang luarnegeri sampai tujuh turunan? Serius dong kalau
berpihak pada rakyat!

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0602/06/Politikhukum/2416275.htm

Ryamizard: Ada Skenario Global Lemahkan TNI

Jakarta, Kompas - Mantan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Ryamizard Ryacudu
menengarai ada skenario global untuk melemahkan TNI. Hal itu terbukti dengan
semakin dijauhkannya TNI dari rakyat.

Pernyataan itu disampaikan Ryamizard dalam seminar "Membangun Peradaban
Indonesia" yang diadakan Nusantara Bangkit Bersatu, Minggu (5/2) di Jakarta.
"Itu terlihat dengan adanya upaya menyamakan TNI dengan tentara negara lain.
Padahal, tentara di sebuah negara harus memiliki kekhasan agar tak mudah
dilumpuhkan," tuturnya.

TNI yang merupakan tentara rakyat makin dijauhkan dari rakyat. Di sisi lain,
TNI tak memiliki persenjataan memadai. "TNI sudah diobok-obok dan dilemahkan,"
ujarnya tanpa mau menyebut negara mana yang telah berupaya mengobok-obok TNI.

Presiden Megawati Soekarnoputri di akhir pemerintahannya sempat mengajukan
Ryamizard ke DPR sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Endriartono
Sutarto. Tetapi, Presiden Yudhoyono menarik surat Megawati dan akhirnya
mencalonkan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Djoko Suyanto sebagai Panglima
TNI baru.

Ketika ditanya tentang pencalonan Djoko Suyanto, Ryamizard enggan berkomentar.
Tetapi, setelah berkali-kali didesak dia cuma bilang. "Itu teman saya lho. Saya
mendukung. Polisi juga teman saya, AL itu satu angkatan, Wiranto teman saya,
SBY juga," ucapnya singkat. Namun, akhirnya Ryamizard memberi pesan singkat:
"Jadikan TNI tentara di negara sendiri. Jangan sampai tentara kita bingung, ini
tentara Indonesia atau bukan," katanya. (sut)