[nasional_list] [ppiindia] Mengamati Keuletan Para TKI Mengais Real di Arab Saudi (1)

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <"Undisclosed-Recipient:;"@freelists.org>
  • Date: Wed, 8 Feb 2006 01:17:41 +0100

http://informasi-beasiswa.blogspot.com
**http://www.indopos.co.id/index.php?act=detail&id=6311

Rabu, 08 Feb 2006,

Mengamati Keuletan Para TKI Mengais Real di Arab Saudi (1)

Hanya Puluhan Yang Jadi Pekerja Seks dan Dukun
Di sela menunaikan ibadah haji, wartawan koran ini sempat menyaksikan kehidupan
para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mengais real di Arab Saudi. Perjuangan
mereka penuh liku. Di antara mereka ada yang menjadi pekerja seks.
----------------------------------
AGUS MUTTAQIN, Jeddah
----------------------------------
Suatu petang di Wisma Haji Indonesia di kawasan Madinah Street, Jeddah.
Suasananya begitu sepi. Tak banyak tenaga musiman atau petugas haji terlihat.
Padahal, biasanya, mereka menginap di gedung berlantai empat itu.

Tiba-tiba, dari kejauhan, tampak seorang perempuan berpakaian dan berjilbab
serba hitam keluar dari taksi. Dia berjalan tergopoh-gopoh menuju teras Wisma
Haji Indonesia.

"Mas, tolong saya. Saya baru saja ditipu majikan saya. Tiket dan paspor saya
dirampas. Tolong saya.," kata perempuan yang belakangan diketahui bernama
Aisyah itu dengan napas terengah-engah. Suaranya keras setengah menjerit.

Wajah perempuan setengah baya itu terlihat panik dan bingung. Setelah diberi
segelas air dan kondisinya lebih tenang, Aisyah menceritakan pengalamannya.
"Tiket saya untuk naik pesawat SAA (Saudi Arabia Airlines) dan juga paspor
dirampas majikan saya di Bandara Internasional Jeddah," tutur wanita yang sudah
tiga tahun bekerja sebagai pembantu rumah tangga itu.

Mengapa majikannya merampas tiket pesawat dan paspor? "Saya nggak tahu apa
masalahnya. Padahal, saya sudah berbaik-baik minta izin," kata perempuan asli
Cianjur itu.

Salah seorang TKI yang kebetulan berada di wisma haji, Mohammad Holi alias
Ujang, prihatin terhadap cerita Aisyah. "Meski cerita seperti ini sudah sering
saya dengar, saya tetap prihatin dan trenyuh," ujarnya.

Holi lantas menyarankan Aisyah untuk menghubungi salah satu staf KJRI
kenalannya di Jeddah.

"Ini ada nomor telepon kenalan saya. Orang safarah (konjen) nanti yang akan
mengurus," kata Ujang.

Kisah seperti yang dialami Aisyah itu memang bukan hal yang baru terjadi di
Arab. Kasus yang dialami para TKI memang sangat kompleks. Terutama menimpa TKW
(tenaga kerja wanita). Mereka umumnya mengalami tindak kekerasan selama
bekerja. Modusnya beragam. Selain dibayar dengan gaji yang tidak standar,
mereka kerap menjadi sasaran tindakan semena-mena majikannya. Belum lagi nasib
para TKW yang menjadi budak seks majikannya.

"Udah deh, kalau punya anak atau kerabat perempuan yang nggak punya keahlian,
nggak usah jadi TKW di sini (Arab Saudi). Lebih baik kerja di Indonesia," saran
Ujang yang asli Serang, Banten, itu.

Dari pengamatan wartawan koran ini, populasi TKI di Arab Saudi tersebar di
sejumlah kota besar. Mulai Jeddah, Makkah, hingga Madinah. Sebagian ada yang
bekerja di Riyadh. Jumlahnya ratusan ribu jiwa. Untuk kota Jeddah saja,
jumlahnya tercatat lebih dari 500 ribu orang. Mereka berasal dari berbagai kota
di tanah air. Yang paling banyak dari Jawa Timur, antara lain, Bangkalan,
Sumenep, Banyuwangi, dan Malang. Juga dari Jawa Barat seperti Cilacap,
sepanjang Pantura (Indramayu dan Cirebon), dan kawasan tengah Jawa Barat
(Cianjur dan Ciamis).

Para TKI itu umumnya tinggal di berbagai rumah susun (rusun) yang populer
disebut penampungan. Rusun itu bertebaran di Distrik Sharafiyah, Makronah,
Baghdadiyah, Bab Mekkah, As-Salamah, hingga Aziziyah. Yang menarik, rusun
tersebut disewa beramai-ramai dari penyewa sebelumnya. Satu rusun dijejali lima
hingga sepuluh penghuni. Bahkan lebih. Ini terpaksa dilakukan demi menghemat
biaya hidup di Jeddah.

Untuk satu rusun kelas standar, biaya sewanya SR 1.000-1.500 SR atau setara
dengan Rp 2,5 juta-Rp 3,75 juta (1 SR = Rp 2.500) per bulan. Penyewa lama yang
umumnya bertahun-tahun menghuni menyekat ruangnya untuk disewakan kepada TKI
dengan harga "pertemanan". "Menyewa satu rusun untuk dihuni sendiri rasanya
terlalu mahal. Bisa-bisa kami nggak bisa nabung," kata Jazuli, TKI dari
Bangkalan.

Dari informasi yang dihimpun wartawan koran ini, tidak ada standar resmi gaji
bekerja di sektor informal di Arab Saudi, seperti UMR (upah minimum regional)
di Indonesia.

Secara umum, tinggi rendahnya gaji ditentukan berdasar jenis pekerjaan, masa
kerja, ada tidaknya dokumen keimigrasian, dan hal-hal lain yang mempengaruhi
risiko pekerjaan.

Gaji TKI yang bekerja di sektor rumah tangga, sebut saja pembantu rumah tangga
(PRT), antara SR 1.000-SR 2.000 (Rp 2,5 juta-Rp 5 juta). Gaji sebesar itu juga
biasa diterima TKI penjaga toko, pengasuh anak (baby sitter), dan sopir.

Yang menarik, perawat asal Indonesia paling disukai rumah sakit di Arab Saudi.

Di antara para TKI di Arab, ada pula yang sudah mendulang sukses. Contohnya
Fuad dan Munif. Keduanya punya perusahaan jasa pengiriman barang, masing-masing
bernama Ameer Cargo dan Al-Munief Cargo.

Bagi mayoritas TKI di Jeddah, nama dua perusahaan kargo itu sangat populer
karena bertahun-tahun menjadi pilihan untuk mengirim paket barang ke tanah air.

Ada juga TKI di Arab Saudi yang bekerja di sektor tak lazim. Misalnya, TKW yang
menjadi pelacur terselubung. Jumlah mereka hanya puluhan. Bekerja di sektor
prostitusi di Arab sangat berisiko. Maklum, hukum di Arab melarang keras segala
bentuk praktik perzinaan. Karena itu, para TKW yang menjadi pelacur harus
benar-benar ekstrahati-hati.

Seperti diamati wartawan koran ini, para pekerja seks asal Indonesia itu
menjalankan operasinya secara underground alias rahasia. Mereka beroperasi
melalui teman dekat yang bisa dipercaya. "Biasanya kalau ada yang mau, tinggal
telepon saja. Nanti bertemu di penampungan mana. Yang penting aman dari
keramaian," ujar seorang TKI yang menolak disebut namanya seraya memberikan
nomor telepon seorang penjaja seks.

Selain pelacur, ada juga TKI yang menjadi dukun. Mereka biasanya melayani para
TKI yang sakit jiwa. Sama dengan pelacur, mereka yang menjadi dukun juga harus
sembunyi-sembunyi saat bekerja. Sebab, di Arab, dukun atau bekerja di sektor
klenik dianggap menyuburkan praktik syirik. Jumlah mereka yang jadi dukun juga
puluhan.

"Yang ketahuan menjadi dukun bisa ditangkap. Hukumannya berat," kata Cecep
(bukan nama sebenarnya), seorang TKI yang menjadi dukun.

Ketika bersama wartawan koran ini, Cecep tengah mengobati seorang TKW yang
sakit jiwa setelah ditinggal menikah lagi suaminya yang berumur 60 tahun. Sang
suami berkebangsaan Arab.

"Kerja saya ya seperti ini, menyembuhkan orang sakit mental. Saya jauh-jauh
dari tanah air nggak kerja seperti TKI lainnya," ujar Cecep. (*')