[nasional_list] [ppiindia] Korupsi Kader Partai Golkar dan Konsekuensi Kursi Kekuasaan

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <"Undisclosed-Recipient:;"@freelists.org>
  • Date: Wed, 8 Feb 2006 05:19:00 +0100

http://informasi-beasiswa.blogspot.com
**http://kompas.com/kompas-cetak/0602/08/Politikhukum/2421334.htm

Korupsi Kader Partai Golkar dan Konsekuensi Kursi Kekuasaan

Keresahan meruyak terkait adanya pejabat (daerah) yang ditahan karena kasus
korupsi.

Setidaknya hal itu muncul dalam dialog tertutup Wakil Presiden Jusuf Kalla yang
juga Ketua Umum Partai Golongan Karya dengan sejumlah bupati/wali kota, anggota
DPRD, dan pengurus Partai Golkar di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (4/2) malam.

Banyaknya pejabat daerah yang diperiksa karena kasus korupsi dijelaskan Wakil
Presiden sebagai konsekuensi dari otonomi daerah dan keterbukaan sebagai buah
dari reformasi. "Karena otonomi, saya menjamin bahwa korupsi di tingkat pusat
akan berkurang dan berkurang terus dibandingkan zaman dulu," ujarnya.

Di depan musyawarah pimpinan daerah Nanggroe Aceh Darussalam sehari setelahnya,
Kalla juga menjelaskan, setelah reformasi, kekuasaan terbagi menjadi tiga,
yaitu sebagian di tingkat pusat untuk mengatur anggaran dan mencari dana, di
DPR untuk anggaran rincinya, dan di daerah untuk pelaksanaannya. Karena
pembagian kekuasaan itu, kemungkinan adanya korupsi juga terbagi tiga.

Wakil Presiden mengemukakan, keterbukaan melalui media massa membuat segala
sesuatu menjadi tersebar dengan cepat.

Karena keterbukaan itu pula, kolusi di tingkat pejabat untuk menutup atau
menghentikan proses suatu hukum tidak lagi bisa terjadi. "Sebagai Wapres, ada
teman saya yang mau ditangkap lapor pada saya. Saya minta maaf. Ambil contoh
Abdullah Puteh, teman baik saya sejak dulu. Kalau zaman dulu, pejabat bisa
berkata, 'Kenapa kau tangkap teman saya?' Dengan begitu tidak ada jaksa yang
berani," paparnya.

Menurut dia, tidak ada yang salah dengan keadaan saat ini karena sudah berada
di jalan yang benar. Yang diperlukan adalah kebiasaan untuk menerima semua itu
sebagai sesuatu yang lumrah. "Ini hanya soal kebiasaan saja. Lama-lama akan
terbiasa," ujarnya.

Mengenai banyaknya kader partainya yang diproses hukum karena dugaan korupsi,
Wakil Presiden melihatnya secara ringan karena konsekuensi dari banyaknya kursi
kekuasaan yang diduduki kader Partai Golkar.

"Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera belum ada yang jadi pejabat,
jadi tidak ada yang ditangkap. Coba nanti kalau sudah jadi pejabat, barangkali
nanti juga akan ditangkap. Bukan Golkar yang jelek. Dulu semua pejabat Golkar,"
ujarnya.

Dengan pemberantasan korupsi, Kalla yakin ekonomi akan membaik. "Jadi kita
habiskan dulu korupsi, ekonomi akan baik, dan gaji tinggi. Percaya saja. Kita
juga ingin gaji kita tinggi," ujarnya. (inu)