[nasional_list] Re: [ppiindia] "Das Kapital" Perlu, buat Counter

  • From: Eko Bambang Subiyantoro <eko@xxxxxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: Satrio Arismunandar <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Thu, 3 Feb 2005 09:55:50 +0700

Mas Satrio,
Saya kurang yakin ini akan menjadi counter. Saya justru melihat ini
menandai perkembangan neoliberalisme yang semakin kuat di
Indonesia. Jika timing penerbitan ini dianggap tepat, menurut saya
lebih secara ekonomis, tidak secara ideologis.

Terbitnya buku Das kapital bagi saya tidak lebih dari sekedar
menyemarakkan iklim penerbitan yang mulai mengeliat. Dalam iklim
neoliberalisme, buku-buku seperti ini seperti pisau bermata ganda. Ia
seolah-olah tumbuh ingin menusuk lawan, namun justru pisau itu akan
menikam dirinya sendiri.

Satu sisi, saya senang buku legendaris ini akhirnya terbit, namun sisi
yang lain saya khawatir pasukan neoliberalisme semakin nyata menjadi
bagian hidup kita,,

salam,
Eko Bambang S
www.jurnalperempuan.com

Thursday, February 3, 2005, 6:21:32 AM, you wrote:

Satrio> Ada dua catatan saya:
Satrio> 1. Ini menandai iklim keterbukaan di Indonesia. Buku
Satrio> ajaran Marx tidak dianggap sebagai ancaman dan boleh
Satrio> dijual bebas.
Satrio> 2. Mungkin penerbitan ini tepat timing-nya. Ketika
Satrio> modal asing begitu merajalela di Indonesia, dan
Satrio> neoliberalisme dengan pasukan IMF, Bank Dunia, Depkeu
Satrio> Amerika seolah-olah tak terbendung. Secara tak
Satrio> langsung, ini menjadi counter....

Satrio> --- ANDREAS MIHARDJA <mihardja@xxxxxxxxxxx> wrote:

> [...]
Satrio> Tired of spam?  Yahoo! Mail has the best spam protection around
Satrio> http://mail.yahoo.com

Satrio>
Satrio> Berdikusi dg Santun & Elegan, dg Semangat
Satrio> Persahabatan. Menuju Indonesia yg Lebih Baik, in Commonality &
Satrio> Shared Destiny. www.ppi-india.uni.cc
Satrio>
Satrio>
Satrio> Mohon Perhatian:

Satrio> 1. Harap tdk. memposting/reply yg menyinggung SARA (kecuali sbg
otokritik)
Satrio> 2. Pesan yg akan direply harap dihapus, kecuali yg akan dikomentari.
Satrio> 3. Lihat arsip sebelumnya, www.ppi-india.da.ru;
Satrio> 4. Satu email perhari: ppiindia-digest@xxxxxxxxxxxxxxx
Satrio> 5. No-email/web only: ppiindia-nomail@xxxxxxxxxxxxxxx
Satrio> 6. kembali menerima email: ppiindia-normal@xxxxxxxxxxxxxxx

Satrio> Yahoo! Groups Links

--
Best regards,
 Eko                            mailto:eko@xxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Give underprivileged students the materials they need to learn.
http://us.click.yahoo.com/4F6XtA/_WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM