[nasional_list] islam dan demokrasi di indonesia Re: [ppiindia] Kenapa menolak syariat Islam?(buat Mas Nugroho)

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 16 Feb 2006 17:33:42 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx,
Nugroho Dewanto <ndewanto@...>
wrote:

> organisasi saya, aji (aliansi jurnalis independen) berencana
> membuat workshop penulisan --feature, karya ilmiah populer, dll--
> untuk teman-teman lsm, pers kampus dan umum.
>
> mungkin nanti bisa diusulkan untuk juga memberikan pelatihan
> menulis di ipb.
>
> kami juga berencana membuat pelatihan jurnalisme
> tentang multikulturalisme. bahwa dalam masyarakat yang
> majemuk kita harus saling menghargai nilai-nilai kelompok-
> kelompok yang berbeda-beda di masyarakat. tak perlu menjadi
> larut mengikuti nilai kelompok lain. tapi jangan pula
> [...]

Jawaban jawaban yang excellent, mas Nug, juga pertanyaan pertanyaan
yang jujur dari mbak Aris.

Terutama yang sangat menggelitik adalah pertanyaan mbak Aris:

"Tapi menolak syariah? Aris selalu bertanya-tanya dalam hati.
Kenapa? Why? Kenapa Anda menolak syariat Islam? Bukankah Anda Muslim
juga yang beriman pada Allah?"

Mengapa?

1) Ribuan Muslim yang beriman pada Allah hidup di-negara negara maju
di Eropa dll, yang mempunyai struktur konstitusi yang mantap.
haruskah mereka mendirikan negara syariat ditengah mayoritas insan
Non Muslim yang sudah berbahagia dengan strukrtur negara negara
mereka? Austria, Swiss, Jerman, dll?

2) Masalah mendirikan syariat dimanapun, adalah masalah Hukum
Konstitusi. Bagi mereka yang memahami Ilmu Hukum, terutama Hukum
tatanegara, akan jelas, bahwa mengubah konstitusi sebuah negara
membawa dampak yang sangat mendalam bagi negara yang bersangkutan.

Semua yang mempelajarai sejarah, bagaimana negara NKRI ini berdiri,
tahu dan asdar, antara lain, bapak bapak negara yang mas Nug
beberkan, termasuk pak HOS Cokroaminoto, pak Moh. Natsir, bung Hatta
dll, yang adalah insan Muslim yang layak dihormati, menyadari, bahwa
negara yang multibudaya ini TAK mungkin didirikan dalam landasan
hukum agama.

3) Konstitusi NKRI telah memberikan ruang hidup keagamaan yang cukup
besar bagi semua pemeluk agama. kalau demokrasi tak berfungsi baik
dinegeri kita, maka ini adalah masalah kita dan kepemimpinan
nasional yang belum mampu mewujudkannya.

4) Kenyataan telah membuktikan, selama negara ini berdiri, bahwa
masalah yang kita hadapi, dalam bidang ekonomi, haruslah kita atasi
secara ekonomis. masalah pendidikan, kemiskinan, hukum, adalah
demikian pula. Agama terbukti tak pernah memberikan jalan keluar,
yang jelas kita rasakan bersama, bahwa bangsa beragama tak berarti
bangsa yang patuh hukum dan bermoral. Ini pengalaman yang kita alami.

Salam

Danardono