[nasional_list] hadis lalat dinasti umayah Re: [ppiindia] Khilafah adalah Keniscayaan. Itu Pasti! (buat Mas Nugroho)

  • From: Nugroho Dewanto <ndewanto@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 13 Feb 2006 14:51:28 +0700

>   Assalamu'alaikum mas Nugroho, Pa kabar?
=============

wa'alaikum salam mbak aris. saya kurang sehat,
agak batuk.

> [...]
> sangat kritis... kewajiban tentang berdirinya khilafah beberapa
> diantaranya itu juga dilandaskan atas dalil hadis dari Bukhari, Muslim.
> Hadis itu erat kaitannya dengan hukum islam tentang imamah.... bisa baca
> di Buku Fiqh Islam Sayyid Sabbiq, Fiqh Islam Sulaiman Rasyid terbitan
> (lupa maaf... dari bulan bintang buku yang cukup tua memang), dan banyak
> yang lainnya. Bila mas berkenan membaca buku tentang fiqh islam (Insya
> Allah ada bab ini) dan dikaji juga di beberapa pondok pesantren JATIM
> meski tak mendalam dan kurang penekanan.
===========

mbak aris,

di luar rukun islam yang merupakan ibadah, hampir segala
hal lainnya adalah muamalah yang kita semua diberi
keleluasaan menafsirkan.

hadis nabi yang paling terkenal adalah "urusan dunia,
kamu lebih tahu daripada aku."

bukankah khilafah dan syariat islam tak tercantum
dalam rukun islam?

khazanah islam memang menegaskan perlunya
ada imamah/kepemimpinan. tapi bagaimana bentuk
kepemimpinannya? ada variasi yang beraneka ragam.

kaum syiah berpendapat imamah harus dipegang
oleh ahlul bait (keluarga nabi). terutama dari jalur
keturunan ali dan fatimah.

kaum suni lebih lentur. bahkan salah satu variasi
menyebut "kepemimpinan kafir yang efektif, lebih baik
ketimbang kepemimpinan muslim yang lemah."

ada pula kaum seperti anda yang menganggap sistem
khilafah adalah keniscayaan.

jadi, kita mau ikut yang mana?

> [...]
> mencintai aku berarti mencintai mereka. Dan siapa yang membenci mereka
> maka dengan membenci aku berarti membenci mereka. Dan siapa yang
> menyakiti mereka maka berarti menyakiti aku dan siapa yang menyakiti aku
> maka ia menyakiti Allah dan siapa yang menyakiti Allah maka Allah akan
> menjatuhkan hukuman atas dirinya." (H.R At Tirmidzi dan Ibnu Hibban dari
> Abdullah bin Munaffal).
>
>    Apakah hadis tersebut dhoif atau palsu menurut mas? Banyak sahabat
> Rasul dan semua Tabiin serta Tabi'ut Tabi'in itu hidupnya pada masa
==============

mbak aris,

ada sebuah hadis yang muncul di zaman muawiyah yang berbunyi:
"sesungguhnya aku mendengar rasul Allah bersabda, "sesungguhnya
Allah mengamanatkan wahyu-Nya kepada tiga oknum, yaitu saya,
jibril serta muawiyah."

hadis yang diriwayatkan sahabat abu hurairah itu isnadnya sangat
kuat.

kalau anda percaya hadis itu, maka anda mungkin harus percaya pula
hadis-hadis berikut ini:

"bila lalat jatuh kedalam bejana, maka benamkanlah seluruhnya karena
sayapnya yang sebuah mengandung penyakit (da') yang satu lagi
mengandung obat (syifa')"

atau ini:

"rasul bersabda: malaikat maut datang kepada nabi musa dan bersabda:
'penuhilah kehendak Tuhanmu' maka nabi musa pun menampar mata
malaikat maut, sehingga biji mata malaikat maut keluar dari rongganya.
maka malaikat maut kembali kepada Allah dan berkata: 'sesungguhnya
Engkau mengutusku kepada hamba-Mu yang tiada menghendaki
kematian, dan ia mencopot mataku.' maka Allah mengembalikan
biji mata malaikat maut ke dalam tempatnya semula dan berfirman:
'kembalilah dan katakanlah kepadanya agar ia meletakkan tangannya
di atas punggung seekor sapi, maka umurnya akan bertambah satu
tahun untuk setiap bulu sapi yang melekat di tangannya.' nabi musa
lalu bertanya kepada Allah: 'sesudah itu bagaimana?' Allah menjawab:
'sesudah itu mati.' maka musa berkata: 'jika demikian maka lebih
baik aku mati sekarang saja.' ia lalu memohon kepada Allah agar
didekatkan ke tanah suci, sejauh lemparan batu."

karena hadis-hadis itu juga diriwiyatkan sahabat abu hurairah
dan kuat isnadnya.

mbak aris, sungguh banyak sekali hadis politik dan israiliyat produksi
dinasti umayah. menurut ahlul jarh wa ta'dil, kita tetap mesti hati-hati
melihat hadis kendati sahih dan isnadnya kuat.

>   Mas Nugroho,
>    buku yang kita baca punya muatan beda ya. Yah aris akui saja. Mas baca
> buku apa sih ko bilang Kemal Pasha Atatturk tidak pernah membantai? Kasih
> tahu dong?
>
>    Kalau dia jadi kepala negara Turki yang bantai tak usah dia ya mas...
> ngotorin tangan aja. Iyah.. ngak pa-apa ko mas, kita beda bacaannya beda
> juga pemahamannya.
============

kewajiban untuk membuktikan mustafa kemal adalah
seorang pembantai ada di tangan anda. karena anda
yang mengatakan demikian.

nama dia mustafa kemal. pasha adalah sebutan bangsawan
turki seperti raden mas di jawa. attaturk adalah julukan
yang diberikan rakyat turki, artinya bapak turki.

saya tak mengagung-agungkannya maka saya menyebutnya
mustafa kemal saja.

> [...]
> saat ini?
>
>   Menurut Mas, sistem pemerintahan yang dijalankan saat ini di
> hampir  seluruh dunia itu sistem apakah? Demokrasi atau bukan mas?
>    Bolehkah aris tahu. Menurut mas Nugroho, bagian mana yang menunjukkan
> Rasulullah dan Khulafaur Rasyidin justru menegakkan kehidupan sosial
> Demokratis?
>
>   Kehidupan sosial demokratiskah ataukah menerapkan syariat Islam
> seluruhnyakah mas? Menurut mas apakah bentuk sistem pemerintahan pada
> masa khulafaur rasyidin yang mas anggap sangat demokratis itu? Mohon
===========

saya pernah posting tentang demokrasi sebagai sebuah ide.

penerapannya memang sangat berbeda-beda. penyelewengan
juga terjadi dimana-mana. karena demokrasi bagaimanapun
tergantung pada kepentingan nasional bangsa-bangsa
bersangkutan.

salah satu syarat demokrasi terpenting yang dicontohkan
khulafaur rasyidin adalah dengan MEMILIH pemimpin.

pemimpin dipilih oleh rakyat. dulu dengan baiat (persetujuan),
sekarang lewat pemilu.

>   Aris bisa mencontohkan gambaran khilafah Islamiyah yang mendekati ideal
> yakni pada masa Khulafaur Rasyidin dan Umar bin Abdul Aziz.
=============

saya sudah katakan, umar bin abdul aziz adalah PENGECUALIAN.
beliau cuma berkuasa 2,5 tahun dari 92 tahun pemerintahan
dinasti umayah.

>   Mas Nugroho,
>   Mas pasti sangat familiar dengan Islam yes, Politik No! Sepahaman aris,
> Bukankah statement ini malah mempersempit ruang lingkup Islam jadi
> ditataran ritual semata, so what difference dengan agama lain gitu lhoh?
> (versi aris)

===========

siapa sih tokoh yang katakan islam yes, politik no!
saya tak paham.

nurcholish madjid dulu katakan islam yes, partai islam no!
karena orang islam ada di mana-mana. jangan sampai
anggap orang islam yang ada di golkar dan pdi, lebih
tipis imannya ketimbang yang ada di ppp.

wong kita tahu betul kelakuan politisi partai-partai islam itu
sampai zaman sekarang. yang ketangkap sedang nyabu
sambil bawa perempuan banyak toh? belum lagi soal
korupsi!

maaf saya hendak melakukan kegiatan lain. di waktu lain
kita sambung lagi.

salam,