[list_indonesia] [ppiindia] Re: kitab Qumran-->Untuk Lina: Membandingkan Kitab Suci?

  • From: "Arriko Indrawan" <arriko.indrawan@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 8 Mar 2005 18:10:00 +0700

Untuk website:
http://www.ibiblio.org/expo/deadsea.scrolls.exhibit/intro.html
http://oi.uchicago.edu/OI/PROJ/SCR/Scrolls.html
http://www.christiananswers.net/q-abr/abr-a023.html

Anda bisa minta informasi dari LAI dan juga bisa beli bukunya di TB
Immanuel atau BPK Gn Mulia di Kwitang - Jakarta.

Ada juga CD dan VHS berjudul: The Holy Quest: In Search of Biblical
Relics, The Dead Sea Scrools.

Satu point yg disinggung adalah persamaan materi gulungan kitab tsb dg
Kitab Genesis (Kejadian) dan Exodus (Keluaran). Di dlm kitab tsb terdapat
kisah abraham (Ibrahim). Di dlm Kitab tsb yg hendak dikurbankan bukan
Ismael tapi Iskhak!

Dlm Kitab tsb, Hagar dan Ismael cuma digambarkan sebagai orang yg
berperangai seperti "keledai liar".

Jelas? atau punya masalah dlm reading comprehension?

Saya membalas e-mail anda juga dlm rangka menyadarkan anda bahwa
Kitab suci bukanlah buku "Mak Kedebug", tapi buku yg berisi perjalanan
sejarah Manusia  dlm iman kepada Allah.

Kalo percaya buta pada Kitab suci, dan isinya "dipelintir"
oleh sebagian yg mengaku pemimpin umat.. ini dpt berakibat fatal!

Saya juga tdk percaya buta thd dogma, tapi saya percaya dogma dan juga
Kitab suci sdh melalui proses panjang yg dituntun oleh terang Roh Kudus.

Salam,

Arriko I

==============
   Date: Fri, 04 Mar 2005 04:25:28 -0000
   From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
Subject: Re: kitab Qumran-->Untuk Lina: Membandingkan Kitab Suci?

dik Arriko,
Karena sampeyan telah menyinggung kitab Qumran dengan AlQur'an,
tolong tunjukkan (at least websitenya) pada saya statement gulungan
kitab Qumran yang tidak sesuai dengan AlQur'an. Saya hanya ingin
mengajarkan sampeyan utk bicara berdasarkan data...supaya netters di
milis ini tau mana yang pendapat sampeyan pribadi dan mana yang
merujuk pendapat seorang ahli.

Jelas ini hal baru buat saya sebab yang saya tahu kitab Qumran (Dead
Sea Scroll maksudnya?) itu banyak menemukan ketidaksesuaian Injil
instead of Qur'an, karena penemuan kitab Qumran itu semuanya
merupakan Biblical Manuscript bukan AlQur'an manuscript...dan
seingat saya Prof. Robert Eissanman dalam bukunya "James, the
brother of Jesus" berteori utk menulis ulang sejarah awal kristen.
Baginya Yakobus adalah penerus ajaran Jesus yang sejati, bukan
Paulus. Menariknya Eisanman juga berusaha mencari mata rantai antara
Yesus-Yakobus-Islam. Bravo...

Siapa Prof. Robert Eissanman, saya kutipkan disini dari THE FOUR
DEAD SEA SCROLLS Biblical manuscripts, " It was at this point that
we came upon the work of Robert Eisenman, Chairman of the Department
of Religious Studies and Professor of Middle East Religions at
California State University in Long Beach. Eisenman had been an
undergraduate at Cornell at the same time as Thomas Pynchon. He
studied Comparative Literature there under Vladimir Nabokov,
receiving his BA in Physics and Philosophy in 1958, and his MA in
Hebrew and Near Eastern Studies from New York University in 1966. In
1971 he was awarded a PhD in Middle East Languages and Cultures by
Columbia University, having concentrated specifically on Palestinian
history and Islamic law. He has also been an External Fellow of the
University of Calabria in Italy and a lecturer in Islamic law,
Islamic religion and culture, the Dead Sea Scrolls and Christian
origins at the Hebrew University in Jerusalem. In 1985-6, he was
Research Fellow in Residence at the William F. Albright Institute of
Archaeological Research in Jerusalem, and in 1986-7 Visiting Senior
Member of Linacre College, Oxford, and Visiting Scholar at the
Oxford Centre for Postgraduate Hebrew Studies.

Selain Eisanman, bagi yang suka baca buku dirumah dengan tenang,
cari juga bukunya Dr. Michael Wise karena dari banyak peneliti
naskah Qumran, merekalah yang tampaknya paling terkenal di muka umum

Bagi yang suka browsing, browsing saja di "Dead Sea Scroll" atau
nama kedua peneliti tsb dan tolong bantu dik Arriko utk menemukan
statement atau artikel yg menyatakan kitab Qumran ini tidak sesuai
dengan AlQur'an. Soalnya aneh buat saya, kok tiba2 kitab Qumran
dihubungkan dengan AlQur'an.

Wassalam,

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Arriko Indrawan"
<arriko.indrawan@xxxx> wrote:
> Problemnya adlh anda masih memandang Kesalahan Gereja Katolik
> pd Abad pertengahan bukan Gereja Katolik pada abad ini...!!!
>
> Apa yg anda lakukan, saya sdh saya lakukan juga
> thdp isi Alquran yg beda dg Injil, terutama yg tdk sesuai
> dg gulungan Kitab Qumran.
>

> =======

Jadi,

'Thanks & Giving.'