[list_indonesia] [ppiindia] Re: Re : Sistem berbahaya (pemimpin tidak boleh berkuasa terlalu lama)

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 28 Mar 2005 07:48:24 -0000

Sistem (sebagus apapun) kalo dibuat dan dijalankan oleh orang-orang
yang amoral, piye toh?
Aku pikir sistem yang ada di Indonesia dah lumayanlah lah, tapi kalo
moral pemimpinnya kayak gini2 aja, perlu revolusi moral...

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, bintang timur <zenit_zohal@xxxx>
wrote:
> [...]
>
> Menunggu adanya perbaikan moral jelas sia-sia (dan
> suatu hal yang sulit diukur). Tapi membuat sistem yang
> memperkecil kemungkinan korupsi, misalnya, jelas
> diperlukan.
>
> Dan menjadikan seorang pemimpin berkuasa dalam jangka
> waktu yang lama, adalah tindakan yang bodoh. Power
> tends to corrupt. Itu langgam politik yang sahih.
> Cerita seorang pemimpin yang memimpin negerinya dengan
> bijaksana dan adil selama kurun waktu yang panjang,
> mungkin saja bisa terjadi, tapi risikonya lebih besar
> untuk menciptakan pemimpin tersebut menjadi korup.

Langgam itu gak akan berlaku buat pemimpin yang punya ketaatan agama
karena buat yang taat agama mereka sadar kekuasaan itu amanah yang
amat beratnya. Itu langgam politik yang sudah tak berlaku lagi
sekarang. Sekarang ini yang berlaku adalah corrupt tends to power.

> Waktu 5 tahun sebenarnya sudah sangat cukup untuk
> menjadi bahan penilaian, apakah seorang pemimpin layak
> untuk diberi kesempatan kedua. Memang tidak akan
> terjadi keajaiban yang langsung mengubah, tapi
> setidaknya kita bisa mencatat progres.

Buat rakyat awam, ngapain mencatat progress doang? Sudah cukup lama
lho rakyat ini nyatetin progres melulu? Percaya lah rakyat Indonesia
ini rakyat yang penyabar: gak ada rotan, akarpun jadi. Gak ada nasi,
singkongpun jadi.

> Dan soal pemimpin yang taat agama? Ayolah, kawan, tak
> perlu pemimpin, kalau semua orang taat dengan agamanya
> masing-masing, jelas persoalan di dunia ini makin
> sedikit. Itu kan utopis. Maksud saya, naif sekali
> mengharapkan pemimpin yang benar-benar berada di jalan
> Tuhan. Herannya, dalam setiap persoalan, manusia
> kembali lagi mengharapkan agama menjadi solusi yang
> paling mujarab. Makanya Indonesia nggak maju-maju.
> Bukannya solusi yang dicari, malah mimpi mendapatkan
> pemimpin sekaliber Umar bin Khattab.

Makanya jangan dijadikan mimpi. Ciptakan pemimpin yang sekaliber
Umar bin Khattab ra. Jadikanlah itu suatu cita-cita (bukan mimpi)
buat bangsa ini. Makanya cerita pemimpin yg taat agama jangan cuma
dijadikan dongeng isapan jempol dengan mengatakan utopis.

> Sistem yang meminimalisir penyimpangan, dan komitmen
> untuk mengatasi persoalan secara bersama-sama, itu
> yang kita perlukan saat ini. Bukan mengharapkan
> turunnya seseorang yang diutus Tuhan untuk
> menyelamatkan Indonesia. Ratu Adil itu tidak akan
> pernah datang.

Sistem akan bisa berjalan kalau ada kesadaran hukum yang tinggi
alias kalo negaranya sudah maju. Kalau tidak sistem cuma jadi
permainan. Sosio kultur bangsa ini perlu diperhitungkan. Pemimpin
bangsa ini gak takut sama sistem...he..he...bisa kong koli kong.

> BBM dinaikkan, ulama bilang tawakal. Tsunami di Aceh,
> ulama bilang itu peringatan dari Tuhan.

Ini memang kapasitas ulama. Mereka toh bukan umara.

> Saya menginginkan penegakan hukum di Indonesia.
> Pemimpin yang bagus, akan memprioritaskan hal ini.

Pemimpin yang bagus dan taat agama juga memprioritaskan ini. Dia
harus menunjukkan bahwa diapun orang yang menegakkan hukum di
lingkungan terkecilnya (keluarganya). Kalo pemimpinnya aja dah
ngasih contoh...kan rakyat Indonesia (yang sosio kulturnya senang
meniru scr membabi buta) bisa meniru juga....:-D

> -Uly Siregar
>

> --- Arriko Indrawan <arriko.indrawan@xxxx>

smallbusiness.yahoo.com/resources/