[list_indonesia] [ppiindia] Re: Re: Digest Number 1625

  • From: "Arriko Indrawan" <arriko.indrawan@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 3 Mar 2005 12:06:37 +0700

$)C
   Date: Wed, 02 Mar 2005 09:41:33 -0000
   From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
Subject: Re: Digest Number 1625

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Arriko Indrawan"
<arriko.indrawan@xxxx> wrote:

> Sorry baru sempat baca dan balas....
>
> Memang artikel tsb sdh lama mbak...
> Paling tidak, bisa jadi referensi bahwa ada penolakan dari
> pihak tertentu, thdp metodologi sejarah yg digunakan...

Kalo cuma sebagai referensi bahwa ada penolakan dari pihak tertentu
thdp metodologi sejarah yang digunakan ...gak masalah...tapi apa
hubungannya dengan masalah yang  saya tanyakan? Saya kan bertanya
dimana ada pemikir Islam yang menolak AlQur'an diselidiki dengan
alasan "ini sudah perkataan Allah..."???.

Gak nyambung kan? Jaka sembung naik ojek.
Rasanya sampeyan mempunyai masalah dengan reading comprehension.

===========
AR :Jaka Sembung naek ojek..... tukang ojeknya ketakutan donk, mbak...
wong Jaka Sembung selalu bawa klewang... hehehehehe...
Terima kasih untuk masukannya... Tapi, sedikit pamer nich....
reading comprehension saya sering dpt nilai bagus tuh waktu sekolah...
hehehehe...

> Mbak Lina,
> Penambahan itu ada pada "Surat" Yohanes, bukan pada "Kitab
Yohanes" yang> berisi> Kisah hidup Yesus. Penambahan tsb terkait dg
adanya penemuan "surat" yg> belakangan...

Lina: Apapun itu namanya, itu kan ada di dalam kitab suci Perjanjian
Baru. Moga2 nanti kalo ada "surat" terbaru, kitab suci tsb bisa
berubah: ditambah or dihapus lagi. Saya faham kok, makna "kitab
suci" bagi umat Islam dan umat Kristen itu beda.
==========
AR : Paling tidak, umat Kristen lebih rasional dlm me-maknai kitab
sucinya..
di mana kitab suci bukanlah dipahami sbg buku yg "mak kedebuk" jatuh
dari langit... hehehee... Tapi, hasil permenungan yg mendalam dari
para penulis Kitab.... dan perjalanan sejarah yg panjang dari manusia,
umat Allah...

Buat sampeyan gak masalah sebuah kitab suci mau ditambah mau dihapus
or diuyek-uyek kan? ya silakan. Sampeyan yang awam jg gak tau kan
mana ayat yang sudah berubah lagi nantinya? Meski yang ditambah or
dihapus itu suatu hal yang inti, tentang Tuhan. Tuhan yang universal
di ubah menjadi Tuhan yang terbatas. Itu lah hebatnya dogma yang
ditanam gereja. Disini jargon "keterbatasan akal/pengetahuan
manusia" di pakai untuk berlindung. Juga perkataan "hubungan dgn
Tuhan adalah urusan pribadi". he..he...padahal mempelajari metode
penulisan kitab suci (untuk mencapai keyakinan), tidak ada kendala
pada akal manusia kan?
=====================
AR : Itu pendapat anda... dan kayaknya anda punya problem dlm berpikir
positif...
terutama thd pihak yg tdk sependapat dg anda....
Tdk ada pembatasan ttg Tuhan di dlm Kristen...
Allah tetaplah Allah semesta alam yg mengasihi manusia tanpa terkecuali...
yg memberi hujan kepada seluruh semesta alam yg percaya padanya maupun yg
mengingkarinya.....

Siapa di antara kita yg pernah melihat Allah?? Siapa yg pernah melihat
seberapa
besar Allah?? TIDAK ADA!!! Tapi apakah anda merasakan dikasihi Allah??

Oleh karena itu, dengan keterbatasannya, manusia mencoba mendefinisikan
Allah.
Definisi manusia tentang Allah dari masing-masing agama bila diibaratkan
adalah bagai air samudra luas yg ditampung di dalam ember... Hanya berupa
sample dari
populasi yg luar biasa banyaknya....
Otak manusia dan perjalanan hidup manusia juga hanyalah seember air di
tengah
samudra....

Makanya pemahaman ttg Allah ada persamaan dan perbedaannya, karena terkait
dg
pengalaman iman pada suatu massa, waktu dan tempat.

Akal manusia bisa membaca sejarah dunia bukan? dimana pernah terjadi
pembunuhan pada pengikut Athaneus (?) karena syahwat politk yang
keras pada saat itu dan akhirnya pengikut Arius (?) mendapat
legitimasi dari Kaisar, maka berkibarlah faham trinity pada konsili
di Nikea tahun 523 (?). Meski dalam perkembangannya kemudian, makna
faham ini bergeser ke arah yang sangat filosofis.
===========
AR: Itu kalo mau berpikir negatif... Kalo dengan pola pikir negatif juga
maka..
hal yg serupa terjadi sewaktu para Khalifah saling berebut pengaruh dan
"memamerkan" versi-versi Alquran yg dianggap paling benar, bukan??
Apakah ini bukan krn syahwat politik?? Itulah yg terjadi
kalo manusia memanfaatkan Agama dan Kekuasaan untuk kepentingannya
sendiri....

Konsep Trinitas ini memang lalu menjadi dogma. Terbentuknya dogma bukanlah
seperti yg anda paparkan. Bagaimana terbentuknya, mungkin bisa dilihat pada
cuplikan di bawah ini...

The New Encyclopedia Britannica menulis:

"Neither the word Trinity, nor the explicit doctrine as such,
appears in the New Testament, nor did Jesus and his followers intend
to contradict the Shema in the Old Testament: 'Hear, O Israel: The
Lord our God is one Lord' -- Deut. 6:4
. . . The doctrine developed gradually over several centuries and
through many controversies . . . By the end of the 4th century . . .
the doctrine of the Trinity took substantially the form it has
maintained ever since." -- Microp)!dia, Vol. X, p. 126. (1976)

Sedangkan The New Catholic Encyclopedia menulis:

"The formulation 'one God in three Persons' was not solidly
established, certainly not fully assimilated into Christian life and
its profession of faith, prior to the end of the 4th century. But it
is precisely this formulation that has first claim to the title the
Trinitarian dogma. Among the Apostolic Fathers, there had been
nothing even remotely approaching such a mentality or perspective." -
 (1967), Vol. XIV, p. 299. ..."

Mungkin karena itu kaum filsafat menasehatkan gak usah bicarain soal
ini, karena memang absurd. Mending jadi orang, baik-baik aja.

Perlu diketahui, Keputusan yg diambil oleh Gereja Katolik Roma
berdasarkan
> [...]
saling
> berargumentasi. Setelah pengkajian yg panjang baru diambil sebuah
> kesimpulan
> dan akhirnya keputusan. Bila sudah sampai pada keputusan,
> maka perkara tsb bersifat mengikat...
>
> Gereja Katolik sebagai sebuah organisasi di dunia yg berumur
hampir 2000
> thn mengalami pasang-surut, juga jatuh-bangun, serta tdk luput dari
> kesalahan..
> dan itu merupakan bagian dari sejarah...
>
> Kesalahan yg telah dilakukan juga sudah diakui dan Gereja Katolik
sdh> mempunyai> sikap yg lebih bijak dg belajar dari
kesalahan...bukankah hal tsb yg> terpenting??

Lina: yang dah ketahuan didepan mata memang diakui. Yang belum
gimana? Yang merongrong wibawa sebagai gereja gimana? kalo bisa
berkelit ya berkelit lah kayak memberi sanggahan kepada kasus DVC
itu. Toh itu masih bisa dibantah, ya di bantah lah.
=============
AR : Tuh, khan... pikiran negatif lagi...hehehee...
Sebuah pertobatan sejati, selalu dimulai dengan permintaan maaf.
Permintaan maaf itu memerlukan kedewasaan berpikir dan bertindak..
Tidak perduli apakah itu merongrong kewibawaan atau tdk....

Apakah pimpinan Agama yg lain berani juga mengakui kesalahan masa lalu?
Kalau punya kedewasaan yg tinggi pasti juga bisa melakukannya.

Dlm kasus DVC, sangat jelas bahwa buku tsb hanyalah "science fiction"..
Saya sdh baca bukunya, dan banyak kesalahan dalam pen-difinisi-an..
juga mengenai sumber yg dianggapnya sebagai acuan fakta...ternyata
cuma buku fiksi...
Sama spt anda buat skripsi di mana hipotasis-nya diambil dari novel...

Lalu apa Gereja Katolik Roma telah minta maaf kepada umat Kristen
kalo dah menambah-nambahin ayat?
=======
AR : Loh... wong ayatnya juga dipake umat Kristen, koq...
Ada Kitab-kitab yg tdk digunakan oleh umat Kristen Protestan,
yaitu kitab-kitab yg disebut Deuteo-kanonika.
Kalo nggak mau dipake, ya silakan saja.... Gitu aja koq repot...
hehehee....

> Siapa di antara kita yg tdk pernah khilaf?? Yg terpenting adalah
kita yg> sekarang> yg telah belajar dari ke-khilafan masa lalu
kita... dan ini membuat kita> menjadi> lebih bijak, khan?? Tinggal
kita yg pilih, mau terus melihat masa lalu,> atau mau menghadapi
hari ini dan masa mendatang??

Khilaf boleh khilaf. Jangan mengatas namakan Jesus dong. Jangan
ngaku-ngaku penerus Jesus yang gak akan pernah salah dong (Saya ini
kan juga pecinta Jesus). Jadi pelajaran buat sampeyan, gereja pun
bisa salah dalam memilih dogma, jadi kritis dikit, jangan telen
bulet2 dalam ajaran dogma. Cium dulu ini busuk gak?
================
AR : Terima kasih sarannya.
Saya mengimani dan percaya bahwa saat ini, bila "Statement" sudah menjadi
dogma berarti "statement" tsb sdh melalui kajian yg dalam dan panjang,
bukan seperti fatwa mati thd seseorang yg cuma berdasarkan emosi.... atau
fatwa haram krn
kepentingan ekonomi.

Ke-khilafan Gereja Katolik masa lalu tidaklah berkaitan dengan dogma, tapi
lebih
kepada perilaku para pejabat Gerejanya yg terkait dengan kekuasaan dan
kemewahan..
Kesalahan yg trjd adalah pada pengambilan keputusan politis yg
mengatasnamakan Tuhan

Hal tsb mungkin juga bisa terjadi pada para ulama Muslim (sedang terjadi),
pendeta dlsb, termasuk kepada saya dan anda...

> Saya bukan Theolog, jadi mungkin penjelasan saya kurang memuaskan,
bila> diantara> anggota Millist ada Theolog Katolik, mungkin bisa
merinci lebih detail?

Saya juga bukan Theolog. Cuma orang yang pernah bimbang antara
kebenaran dan Kebenaran.
===========
AR :Dalam perjalanan hidup manusia, pastilah pernah mengalami masa yg spt
mbak Lina
alami... Tinggal "pelabuhan" mana yg dirasa nyaman dan diputuskan akan
menjadi
tempat menetap, terpulang kepada masing-masing individu.

Masing-masing "pelabuhan" memiliki kelebihan dan kekurangannya
masing-masing...
tinggal kita yg memilihnya, "pelabuhan" mana yg akan kita pilih....

> Saya sepakat dg Mbak Lina, mari kita saling mengingatkan untuk
berbuat baik> kepada sesama, tanpa memandang perbedaan yg ada... Ini
merupakan muara> semua> ajaran agama, khan??

Yap, saling mengingatkan juga kepada ulama dan pendeta. Orang Islam
kepada ulamanya, orang Kristen kepada pendetanya. Kalo terbalik,
bisa rame.
AR : Akur....!!!

> Salam dalam Kasih,
>
> Arriko I