[list_indonesia] [ppiindia] Re: PKS: Ikan dalam Aquarium

  • From: "imuchtarom" <imuchtarom@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 22 Mar 2005 16:50:39 -0000

    Kritik seperti itu tentu sah-sah saja,

    Tapi yaitu, kebanyakan kita kan hanya berhenti s/d
    mengritik atau mencela. Pertanyaannya, apakah
    kita mampu berbuat yang lebih baik, atau setidak-2
    nya menawarkan berbagai alternatif solusi.

    Saya yakin tindakan kader PKS yang mengembalikan
    uang yang dikatakan bukan haknya itu, ada efeknya.
    Perlu usaha bersama dari berbagai pihak untuk
    meningkatkan mutu dan integritas lembaga
    parlemen yang cenderung terpuruk.

    Sekarang paling-tidak, sudah mulai ada suara
    mengkapanyekan "parlemen yang bersih", meskipun
    samar-samar. Juga sudah ada cukup banyak anggota
    DPR yang diproses karena tuduhan korupsi. Seingat
    saya, di jaman pak Harto hal semacam itu hampir
    belum ada.

    Bangsa ini memang perlu menjalani suatu *learning curve*.

    Soal hiburan malam dsb., yes it is not a simple problem.
    Perlu ada yang mulai meng address persoalan itu dan
    memikirkannya. Soal kritik bahwa seharusnya "seorang
    Muslim itu berusaha mencegah kemungkaran * dengan
    menggunakan tangannya *" ini kan pelaksanaannya tidak
    sederhana.

    Contohnya, organisasi seperti FPI sudah melakukan
    tindakan pencegahan beberapa bentuk kemungkaran
    dengan "menggunakan tangan", lalu bukankah
    orang-orang menghujat mereka?

    Ya memang sudah resiko sih, ...
    Pokoknya kalau orang ingin berjuang melaksanakan
    ajaran agama tantangannya memang besar. Perlu
    upaya-upaya mendidik masyarakat melalui berbagai
    media, disamping upaya melalui jalur perubahan
    hukum.

                                          = ihm =

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "sidikpam" <sidikpam@xxxx> wrote:

> Tahu seperti apa ikan dalam aquarium? Dari luar dia indah di
lihat,
> sejuk, tidak heran banyak orang kesengsem untuk memilikinya.
Namun,
> [...]
di
> balik kaca aquariumnya. Akibatnya, ketika sang ikan - atas
berbagai
> motif, termasuk motif kekuasaan - meloncat keluar aquarium, maka
> yang terjadi adalah ikan tersebut menggelepar-gelepar, lalu mati.
>
> Itulah PKS, sang ikan di dalam aquarium. Sulit dipungkiri -
dilihat
> dari tinjauan historis - PKS memiliki nilai-nilai yang sangat
> berbeda dengan dunia di luarnya. Terbukti ketika Hidayat Nur Wahid
> pernah ditanya tentang hiburan malam di Jakarta. Menurut
dia,"Itukan
> dapat diganti dengan hiburan seperti nasyid,dst..." Jawaban yang
> merupakan saya mencerminkan kegagapan melihat realitas, dunia yang
> jauh berbeda dibanding dalam aquarium.
>
> Kegagapan lain ditunjukkan begini misalnya. Dalam kasus uang
> kadeudeuh DPRD Jabar periode kemarin misalkan, anggota PKS
> mengembalikan uang kadeudeuh tersebut dengan alasan itu bukan
haknya
> (korupsi). Lucunya, mereka hanya berhenti sampai di situ!!!
Menurut
> saya, seorang wakil rakyat yang melihat korupsi, harusnya
> menindaknya, tidak cukup hanya mengembalikannya, lalu selesai??!!
>
> "Ketika melihat kemungkaran, maka ubahlah dia dengan tanganmu,
bila
> tidak mampu, ubahlah dengan ucapanmu. Bila tidak mampu juga,
ubahlah
> dia dengan hatimu. Itulah selemah-lemahnya iman." Lalu, apa
bedanya
> anggota DPR dengan rakyat jelata??? Sebaiknya memang, mereka tidak
> menjadi anggota DPR, cukup menjadi ustadz di mesjid-mesjid.

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM