[list_indonesia] [ppiindia] Re: [LISI] Yang menikmati subsidi BBM ...

  • From: A Nizami <nizaminz@xxxxxxxxx>
  • To: LISI@xxxxxxxxxxxxxxx, ekonomi-nasional@xxxxxxxxxxxxxxx, ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, sabili <sabili@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Sun, 20 Mar 2005 17:38:23 -0800 (PST)

Hingga saat ini, batas garis kemiskinan yang
ditetapkan BPS adalah Rp 122.000 per bulan per orang.
Artinya yang pendapatannya di atas Rp 4.000 per hari
dianggap kaya. Sementara dari World Bank, batasnya
adalah US$ 2 per hari (Rp 18.800).

Nah, dengan pendapatan yang cuma bisa beli satu
mangkok bakso per hari (tanpa teh botol) atau kurang
baru di anggap miskin (padahal mereka perlu transport,
sekolah, pakaian, kontrak rumah, dsb) jumlahnya sudah
36 juta lebih.

Jika batas miskin dengan standar "binatang" (karena
cuma menghitung sekedar bisa makan) menjadi naik
akibat kenaikan harga BBM dan lainnya, maka jumlah
orang miskin akan bertambah.

Sebagai contoh, bis sudah naik dari Rp 1200 menjadi Rp
1500 sekali jalan. Beras Ramos dari Rp 3600 menjadi Rp
4.000 (setelah sebelumnya dari November juga sudah
naik). Diperkirakan batas kemiskinan dgn kenaikan
biaya hidup akan menjadi Rp 140 ribu - Rp 150 ribu,
hingga total orang miskin bertambah menjadi sekitar 60
juta.

Sesungguhnya mayoritas rakyat kita orang miskin.
Jumlah mobil mewah seperti mercy dan BMW kurang dari
10%. Sementara 700 ribu bis dan angkutan dinikmati
sekitar 100 juta rakyat menengah ke bawah dan 24 juta
sepeda motor juga bukan orang kaya. Belum lagi para
nelayan yang sekarang perahunya tidak lagi bisa melaut
karena naiknya harga solar.

Oleh karena itu, pernyataan yang mengatakan bahwa
subsidi BBM 80% dinikmati orang menengah ke atas
adalah pernyataan yang menipu. Karena mayoritas rakyat
Indonesia (80%) masih menengah ke bawah. Meski tidak
punya kendaraan, mereka tetap butuh BBM untuk
transport angkutan umum untuk ke tempat kerja, solar
untuk perahu atau distribusi pupuk/pestisida mau pun
penjualan hasil panennya.

Kompensasi BBM sendiri seperti beras raskin yang
harganya Rp 1.000 per liter, tenyata hanya menyentuh
8,6 juta rakyat saja, atau kurang dari 5% total
penduduk Indonesia.

Oleh karena itu, saya harap intelektual Indonesia yang
peduli dengan rakyat mau meluruskan hal ini.

Bacalah artikel tentang Islam di:
http://www.nizami.org