[list_indonesia] [ppiindia] Re: Janji SBY

  • From: "Zamhasari Jamil" <zhemppi@xxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Sun, 20 Mar 2005 08:08:13 -0000

Salam,

Kemaren, Kamis malam, 17 Maret 2005, Menteri Pertanian RI Menteri
Pertanian Anton Apriyantono datang ke India dalam rangka menghadiri
pertemuan G-20 di New Delhi, India pada 17-19 Maret 2005. Pada Kamis
malam itu, Pak Anton juga mengadakan pertemuan dg masyarakat
Indonesia bertempat di Wisma Duta RI New Delhi. Kala itu Pak Anton
memaparkan Ruh, Visi dan Misi Departemen yang dipimpinannya itu.
Menariknya, baru kali ini saya pernah mendengar adanya "ruh" bagi
sebuah departemen. Apa Ruhnya? "Bersih dan Peduli". Kren kan?

Yang ingin saya kemukakan disini adalah bahwa pada awal khutbahnya,
pak Anton memang sangat menantikan adanya kritikan dari kita sebagai
anggota masyarakat. Dan sama, Pak presidenpun juga mengaharapkan yang
demikian. Nah, yang membuat kita rekan-rekan mahasiswa menjadi
tersentak adalah ketika ia sempat bercerita ttg alasan pemerintah
menaikkan harga BBM dan reaksi masyarakat. Kala itu ia menyebutkan
bahwa ketika pemerintah menaikkan harga BBM, maka DPR tahunya hanya
protes, sedangkan mahasiswa yang berdemo itu hanya retorika saja.
Nah, tentu saja pernyataannya membuat pitam atau darah mahasiswa
menjadi naik. Wajar karena ini telah menyinggung kita, mahasiswa,
yang tukang demo itu.

Dari sini keliatan sekali, bahwa walaupun pemerintah itu katanya siap
untuk dikritik, tapi begitu dikritik, ternyata mereka tidak siap
untuk menerimanya. Padahal, kita tahu bahwa selain adanya kelompok
eksekutif, legislatif dan yudikatif, disana juga ada kelompok
pressure group atau kelompok penekan atau pendemo. Apa kaitan antara
postingan pak RM dg kisah saya ini? Bagi saya, apa yang diucapkan
oleh pemerintah itu omong kosong. Wajar kalau banyak penerbit yang
takut menerbitkan buku ttg Janji SBY itu. Bisa-bisa yang menerbitkan
itu dijemput ditengah malam. Ehm, apakah kita akan kembali lagi ke
zaman Tuanku Soeharto? Bisa saja.

Wassalam,

IzaM-
Lagi bergembira menyambut musim panas di New Delhi.

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, rahardjo mustadjab <bapakjewel@xxxx>

'Thanks & Giving.'
http://us.click.yahoo.com/mGEjbB/5WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM