[list_indonesia] [ppiindia] Re: Islam Inklusif Nurcholish Melampaui Indonesia

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 22 Mar 2005 04:22:16 -0000

Mbah,
Kalo menurutku sih Tuhan itu sendiri Eksklusif, karena Dia
mengatakan bahwa Dia Maha Esa itu artinya gak bisa disamain sama
apapun didunia ini. Dia Maha Benar, Dia Maha Berdiri Sendiri,
etc..etc...Kemahaannya itulah keeksklusifan Tuhan.

Jadi kalau dikatakan Islam itu eksklusifpun, buat aku sih memang
iya. Itu kan mengapa aku memilihnya sebagai keyakinanku. Tapi tidak
berhenti disitu saja, Ajaran Islam itu mengandung juga inklusifisme.
Jadi...Islam itu eksklusif sekaligus inklusif, begitulah ajaran dari
Sang Eksklusif yang universal kan?

Saya orang yang selalu mencoba berfikir positif, begitu juga
terhadap Cak Nur. Cak Nur and the gang berusaha untuk mencari jalan
tengah untuk kesatuan umat. Menurutku dia juga berusaha menyatukan
Akidah antara agama, yang ku rasa impossible..kecuali kalau ada
akidah suatu agama yang dia mau rubah.

Wassalam,

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "RM Danardono HADINOTO"
<rm_danardono@xxxx> wrote:

> Gimana nihh kawan kawan, setuju dengan cak Nur?
>
> Lucu juga kalau romo Magnis bicara mengenai siapa yang
diselamatkan
> [...]
> berpendapat pemikiran Nurcholish Madjid yang paling penting
sekaligus
> amat banyak ditentang dan dicela adalah gagasannya tentang Islam
> inklusif yang maknanya jauh melampaui Indonesia. Pemikiran ini
sangat
> relevan bukan hanya di kalangan Islam, tetapi juga di semua agama
> wahyu (Yahudi, Kristen-Katolik maupun Protestan-dan Islam) yang
> mengusung pendakuan keberlakuan universal.

> Madjid di Kampus Universitas Paramadina, Jakarta, Sabtu (19/3),
> Magnis-Suseno mengutip pendapat Banawiratma dari Universitas
Sanata
> [...]
bahwa
> di luar Gereja tak ada keselamatan kekal.

> keluar dari pandangan eksklusivistik tentang Islam. Menurut
pandangan
> eksklusivistik, orang dikatakan Islam asal ia mengucapkan
syahadat.
> Semua orang yang tidak mengucapkan syahadat dengan sendirinya
berada
> di luar, karena itu harus dianggap kafir. Eksklusivisme sangat
> meragukan apakah orang-orang di luar kalangannya bisa lolos dari
> neraka. Nurcholish pelan-pelan membuka ketertutupan itu.

memperlihatkan
> bahwa kriteria keberkenaan kepada Allah bukan keanggotaan formal
> seseorang pada suatu agama an sich-secara sederhana: masuk Islam
atau
> tidak-melainkan sikap hati orang itu. Islam menurut sosok yang
> dikenal sebagai Guru Bangsa itu juga berarti "penyerahan" kepada
> Tuhan. Karena itu, siapa pun yang menyerahkan diri kepada Tuhan,
> meski secara formal di luar agama Islam dan dalam pengertian agama
> Islam di luar kepenuhan kebenaran, tetap dapat berkenan kepada
Allah
> [...]
> Nurcholish Madjid menyuarakannya ketika Islam masih berusia 14
abad.

> sendirinya melahirkan kesimpulan bahwa agama apa pun sama saja.
> Gereja Katolik tidak menarik kesimpulan seperti itu dari Konsili
> Vatikan II, Nurcholish Madjid pun tidak menarik kesimpulan
demikian
> dari gagasannya tentang Islam inklusif.

> dibaptis entah tidak, karena Yesus Kristus dan Nurcholish Madjid
> mempertahankan bahwa mereka yang di luar agama Islam dalam arti
> formal diselamatkan karena mereka Islam, menyerahkan diri kepada

berlangsung
> [...]
> inklusif dan sekularisme Nurcholish sudah sampai pada terminal
yang
> menghasilkan Mazhab Paramadina, yang ditandai dengan lahirnya
gagasan-
> gagasan derivat dengan semangat yang sama dari kalangan lebih muda
> yang tumbuh di lingkungan diskusi Paramadina.

> bisa menjadi penopang gagasan dan pemikiran Nurcholish Madjid,
tetapi
> juga berhasil menjadi 'kaki' dan persemaian yang subur bagi
> intelektual muda Muslim yang fasih menerjemahkan gagasan
Nurcholish
> ke dalam diskursus intelektual yang berbobot," kata Anwar seraya
> menyebut nama Komaruddin Hidayat, Zainul Kamal, Budhy Munawar-
> Rahman, Luthfi Assyaukanie, Kautzar Azhari, M Wahyuni Nafis,
Sukidi,

http://us.click.yahoo.com/O.5XsA/8WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM