[list_indonesia] Re: [ppiindia] Re: Islam Hadhari, Mas Danar....

  • From: aris solikhah <fm_solihah@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 21 Mar 2005 23:34:09 -0800 (PST)

Mas Danar,
Subtansi itu sangat penting. Namun kemasan juga penting. Ngomong-ngomong
tentang subtansi, saya rasa tetap berbeda diantara yang mas sebutkan. Ketika
kita mengatakan sesuatu maka kita tak akan lepas dari yang namanya asal dari
subtansi atau asal kemasan subtansi. Karenanya, bila kita berpendapat pun kita
sebenarnya telah memberikan muatan dari mana subtansi itu berasal. Berbudi baik
menurut saya mungkin berbeda dengan mas Danar atau mungkin berbeda pula dengan
mas Samudjo berbeda pula dengan mbak Lina. Jika kebenaran itu diserahkan pada
manusia maka makna kebaikan itu akan kabur. Oleh karena itulah disadari atau
tidak kita membutuhkan standar hidup sebagai pedoman dalam berbuat atau berbudi
baik itu. Disadari atau tidak kita telah memilih standar itu.Dan berpendapat
berdasar atas standar itu.

Mas Danar, dalam islam mengharuskan pemeluknya untuk melakukan kebaikan
berdasarkan dua hal. Niat lurus tulus karena mencari ridha Allah dan melakukan
amal atau budi baik itu berdasarkan aturan yang telah Allah tetapkan. Jika kita
tidak tahu aturannya, kita harus belajar. Bila hal ini tak dipenuhi, mohon maaf
Allah tak bisa menerima amalan tersebut. Sayangnya ini yang kadang terlupa dari
diri kita. Termasuk saya sendiri.  Orang yang baik bukanlah sosok malaikat,
akan tetapi ketika dia melakukan kesalahan dia segera menyadari kesalahannya,
mohon ampun pada Tuhannya, berusaha keras untuk tidak mengulangi kesalahannya
dan menutupinya dengan perbuatan sholeh.
Manusia adalh tempat segala kelalaian dan kekhilafan Wallahu'alm bishawab

Salam,
Aris Solikhah

RM Danardono HADINOTO <rm_danardono@xxxxxxxx> wrote:

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Samudjo" <samudjo@xxxx> wrote:

> Kalau ingin bermain tanpa aturan dari Barat, bukankah kita harus
> membuktikan bahwa aturan Islam itu lebih unggul ?
> Dan menteror bukan salah satunya  atau iya?

---------------------

Dalam kita beramal dan berdharma yang mulia, kita berikan sumbangsih
terbesar membahagiakan umat manusia. Apabila yang kita lakukan nyata
adalah baik bagi manusia, maka ini akan menjadi suri tauladan. Tak
perlu kita menyibukkan diri dengan label "Barat", "Timur", "islami",
kristiani", atau apapun. Yang utama adalah isi, bukan kemasan.
Hakekat bukan label.

Bukan unggul atau rendah yang menjadi tolok ukur, namun apakah kita
telah cukup memanusiakan manusia? Cukupkah kita berpangudi luhur?

Salam dharma

Danardono

Yahoo! Groups SponsorADVERTISEMENT

"Bangkitnya manusia, karena pemikirannya"
Kebangkitan ialah perpindahan suatu bangsa,negara, umat dan seorang individu
dari satu keadaan ke arah yang lebih baik

'Thanks & Giving.'
http://us.click.yahoo.com/mGEjbB/5WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM