[list_indonesia] Re: [ppiindia] Peta militer..... -----> macan ompong

  • From: Yustam@xxxxxxxxx
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 10 Mar 2005 16:19:29 +0700

tanggapan

>Apa yang mau diduduki, Mas? Itu 'kan perairan. Bukan
pulau...

*  menduduki itu maksudnya  menghalau setiap kapal dan kegiatan
    negara lain terhadap perairan lautan blok ambalat.  memang namanya
duduk itu kalau di laut sih harus pake kapal,

>Sudah dari dulu RI memprotes Malaysia, Mas. Lewat
jalur diplomatik...

*  Loh kok protes, memangnya lagi ada pertandingan, ini kan masalah
teritorial saya pikir tidak perlu protes, yang perlu adalah
mempertahankannya
dengan segala daya   ...   tapi nggak tahu neh mungkin nggak punya gigi
...  ompong

>Tentunya berunding adalah cara beradab untuk dua
negara bertetangga, Mas. Masa langsung nantang
perang...

*  apanya yang mau dirundingkan dengan orang yang masuk halaman kita
dan mengklaim bahwa itu miliknya  ....    terlalu sopan sekali kayaknya
indonesia
berunding dengan  orang yang nyata-nyata telah menempati halaman kita,
di ajak berunding lagi,  apalagi mereka ingin mencuri kekayaan minyak
di halaman sendiri  ...  yang rasional adalah menggiring mereka keluar dari
halaman rumah  atau memberikan peringatan bahwa anda telah memasuki
rumah orang lain, dan seandainya anda tidak keluar maka kita akan melakukan
tindakan untuk mempertahankan wilayah kita  ...   dan ini bukan menantang
perang
tapi mempertahankan, karena mereka yang menyerang dan menantang perang.

>Terlalu jauh, Mas. Malaysia lebih makmur karena
penduduknya sedikit. Tapi itu tak lantas berarti kita
inferior....

*  saya menilai inferioritas kita, karena terlalu lama peta itu dibuat,
kok baru sekarang baru bereaksi, apalagi kehilangan sipadan dan
ligitan  ....  sungguh sangat inferior.

>Kesan saya, kok malah komentar Anda yang terkesan
tidak rasional. Memangnya siapa yang mau maju perang
pakai kapal kayu? Kok saya belum pernah dengar...

*  yah kalo kapalnya kurang, mo pake apa, rasio-nya
kan beitu, coba bayangkan rasio antara yang ingin
ganyang malaysia dengan jumlah kapal perang yang ada
di indonesia  rasionya kan tidak seimbang,  jadi yang
rasional adalah kita gunakan kapal kayu yang persenjatai,
kan sekarang dengan jumlah pertumbuhan rakyat indonesia
yang tinggi akibat politik banyak anak banyak rezeki
sudah sanggup untuk mempertahankan wilayah kedaulatan
indonesia dengan cara "mengganyang".

perang laut dulu kan pake kapal kayu yang di kasih meriam,
indonesia seharusnya menggunakan cara ini, soale para ilmuwan
yang mengembangkan technology perkapalan oleh pemerintah
tidak di anggap mau-nya beli kapal dan pesawat dari luar
negeri agar harganya bisa di mark-up  untuk di korupsi  ...

>Saya jadi bingung. Apa sih bedanya berwawasan
Nusantara dan berwawasan maritim itu?

*  nggak perlu bingung mas Rio coba bayangkan
jumlah tentara darat dan tentara laut kita perbandingannya
timpang jumlah AD lebih banyak dari AL, artinya mempertahankan
pulau itu lebih diutamakan padahal laut (maritim) kita
lebih luas dari daratan,  amerika aja yang terkenal
kan marinirnya, indonesia  malah kostrad, mungkin paradigma
ini harus di ubah, supaya jangan sampai kita di gerogoti
dari laut, seharusnya tentara itu bangga bila jadi marinir,
dan perkembangan kedepan seharusnya angkatan udara dan
angkatan laut diutamakan, karena peranan mereka-lah kedaulatan
republik ini bisa di pertahankan.

salam
yustam

KOmentar saya:

--- Yustam@xxxxxxxxx wrote:

> [...]
> kalau memang blok ambalat
> itu adalah
> milik indonesia mengapa harus teriak-teriak dan
> demontrasi segala kan cukup
> dengan
> menduduki tempat itu dan mempertahankannya,

Apa yang mau diduduki, Mas? Itu 'kan perairan. Bukan
pulau...

> yang mengeherankan adalah sejak tahun 1979 malaysia
> membuat peta kok baru
> sekarang
> indonesia mencak-mencak,

Sudah dari dulu RI memprotes Malaysia, Mas. Lewat

seharusnya sejak dulu kalau
> [...]

> banyak itu ingin bertempur,  kan kapal kayu nggak
> kena radar bisa
> menyelinap masuk.

Kesan saya, kok malah komentar Anda yang terkesan
tidak rasional. Memangnya siapa yang mau maju perang
pakai kapal kayu? Kok saya belum pernah dengar...

> masalahnya kalau kapal perang indonesia yang
> beberapa buah di tumpangi oleh
> ribuan
> sukarelawan,  belum nyampe udah tenggelam  ....
> neh ... terus ngapain
> juga naik kapal
> perang kalau nggak punya ke ahlian  ....

Saya anggap komentar Anda di atas ini bercanda saja.
Jadi tak saya komentari lagi...

kayaknya
> [...]
> berwawasan maritim,
> karena
> mempertahankan laut berarti juga mempertahankan
> kepulauan yang ada di sana.

Saya jadi bingung. Apa sih bedanya berwawasan
Nusantara dan berwawasan maritim itu?

> kalo indonesia sih  seperti harimau ompong, bukan
> harimau tidur,   harimau
> tidur
> itu kan lagi kekenyangan, artinya istirahat siang
> bolong habis nyantap
> buruan
> harimau ompong kan teriak sana teriak sini tapi

Dibilang ompong sama sekali, pasti tidak akurat. Kalau
Anda bilang persenjataan kita kurang, dari segi
kualitas dan kuantitas, ya itu benar...

http://mail.yahoo.com

Disclaimer :
- This email and any file transmitted with it are confidential and
are intended solely for the use of the individual or entity whom
they are addressed, if you are not the original recipient, please
delete it from your system.
- Any views or opinions expressed in this email are those of the
author only.