[list_indonesia] [ppiindia] Generasi baru teroris siap beroperasi

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <"Undisclosed-Recipient:;"@freelists.org>
  • Date: Wed, 23 Mar 2005 23:00:29 +0100

HARIAN KOMENTAR

Generasi baru teroris siap beroperasi
Kamp JI Luluskan 23 Pakar Bom WNI

WNI tersangka teroris yang ditangkap di Filipina mengklaim bahwa 23 WNI
lainnya, baru saja menyelesaikan pelatihan mengenai bahan peledak, senjata,
peperangan dan Islam. Demikian diungkapkan seorang pria Indonesia yang diduga
anggota kelompok Jemaah Islamiyah (JI), yang ditangkap di Filipina selatan,
pekan lalu.

WNI tersebut hanya diidenti-fikasi sebagai Rohmat. Kepada The Associated Press,
Rabu (23/03), dia mengungkapkan bahwa Filipina Selatan telah menjadi tempat
pelatihan uta-ma bagi kelompok JI, dan menghasilkan 23 pakar bom beberapa hari
lalu, serta men-jadi tempat persembunyian ba-gi militan Indonesia yang
terli-bat dalam serangan-serangan besar, termasuk pengeboman di Bali pada tahun
2002 silam.

Dikatakan Rohmat, dirinya telah ikut melatih orang-orang yang baru direkrut
kelompok militan Abu Sayyaf, yang dise-but-sebut terkait jaringan Al-Qaeda.
Menurutnya, para pe-mimpin Abu Sayyaf tengah me-rencanakan serangan-sera-ngan
bom dan penculikan lain-nya.

Menurut Rohmat, 23 warga Indonesia yang direkrut Abu Sayyaf, baru saja
menyelesai-kan pelatihan ketika dirinya meninggalkan kamp JI yang di-namakan
Jabal Qubah di Pu-lau Mindanao, Filipina Selatan, beberapa saat sebelum dirinya
ditangkap aparat di sebuah pos pemeriksaan militer.

"Ada 23 pria yang baru saja me-nyelesaikan pelatihan. Saya de-ngar mereka akan
kembali pu-lang dan lainnya akan tinggal un-tuk melatih kelompok baru," tu-kas
pria berusia 26 tahun itu da-lam wawancara selama 30 menit.
Menurut Rohmat, dirinya bergabung dengan JI karena mengetahui bahwa gerakan itu
membantu mengembangkan 'pengajaran Islam yang murni' namun semuanya sudah
ter-lambat ketika dirinya mengeta-hui bahwa kelompok itu men-dukung kekerasan
yang diten-tangnya.

"Saya tidak bisa berbuat apa-apa lagi karena saya sudah berada di sana," tukas
Rohmat. "Saya tidak punya uang dan saya tidak tahu bagaimana caranya untuk
kabur karena tidak ada jalan keluar. Saya bisa saja pergi tapi saya tahu itu
berarti saya akan ditang-kap," paparnya.

Selama lima tahun tinggal di Fi-lipina Selatan, aku Rohmat, di-rinya telah
bertemu dengan dua militan Indonesia, juga dari JI. Termasuk seseorang yang
dise-butnya sebagai Dulmatin. Ke-duanya terlibat dalam tragedi bom Bali tahun
2002 lalu, ujar Rohmat yang menolak menyebutkan nama militan lainnya.(dtc/tap)

'Thanks & Giving.'
http://us.click.yahoo.com/mGEjbB/5WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM