[list_indonesia] [ppiindia] Filipina Selatan Disinyalir sebagai Basis Pelatihan JI

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <"Undisclosed-Recipient:;"@freelists.org>
  • Date: Fri, 25 Mar 2005 00:12:03 +0100

http://www.suaramerdeka.com/harian/0503/24/nas22.htm

      Kamis, 24 Maret 2005 NASIONAL

      Filipina Selatan Disinyalir sebagai Basis Pelatihan JI
      MANILA - WNI tersangka teroris yang ditangkap di Filipina mengklaim bahwa
23 WNI lainnya baru saja menyelesaikan pelatihan mengenai bahan peledak,
senjata, dan peperangan.

      WNI yang diduga anggota kelompok Jemaah Islamiah (JI) itu hanya
diidentifikasi sebagai Rohmat. Pria berusia 26 tahun memakai nama samaran Zaki,
Hamdan, dan Akil. Pria itu ditangkap pekan lalu, namun militer Filipina
mengumumkan penangkapannya pada Selasa lalu.

      Kepada The Associated Press, Rabu kemarin, dia mengungkapkan bahwa
Filipina selatan merupakan daerah basis pelatihan utama kelompok JI. Sebanyak
23 pakar bom telah lulus pelatihan beberapa hari lalu.

      Filipina selatan juga menjadi tempat persembunyian militan Indonesia yang
terlibat dalam serangan-serangan besar, termasuk pengeboman di Bali pada
Oktober 2002.

      Rohmat mengatakan ikut melatih orang-orang yang baru direkrut oleh
kelompok militan Abu Sayyaf, yang disebut-sebut terkait jaringan Al Qaedah.
Menurutnya, para pemimpin Abu Sayyaf tengah merencanakan serangan-serangan bom
dan penculikan lainnya.

      Tetap Tinggal

      Dia menambahkan 23 WNI yang direkrut Abu Sayyaf, baru saja menyelesaikan
pelatihan ketika dia meninggalkan Jabal Qubah, sebuah kamp JI di Pulau
Mindanao, Filipina selatan.

      Beberapa saat kemudian, dia ditangkap aparat keamanan Filipina di sebuah
pos pemeriksaan militer.

      ''Ada 23 pria yang baru saja menyelesaikan pelatihan. Saya dengar, mereka
akan pulang dan sebagian lainnya bakal tetap tinggal untuk melatih kelompok
baru,'' katanya.

      Rohmat mengaku tertarik bergabung dengan JI karena gerakan itu membantu
mengembangkan ''pengajaran Islam yang murni''. Namun, semuanya sudah terlambat
ketika dia akhirnya mengetahui kelompok itu mendukung aksi kekerasan yang
ditentangnya.

      ''Saya tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Sebab, saya sudah berada di
sana,'' katanya. ''Saya tidak punya uang. Dan saya tidak tahu bagaimana cara
untuk kabur, karena tidak ada jalan keluar. Saya bisa saja pergi, tetapi itu
berarti saya pasti ditangkap,'' paparnya.

      Selama lima tahun tinggal di Filipina selatan, dia telah bertemu dengan
dua militan Indonesia, yang juga berasal dari JI. Salah seorang di antaranya
adalah Dulmatin.

      Kedua militan itu terlibat dalam pengeboman Bali pada Oktober 2002.
Namun, Rohmat tidak mau menyebutkan nama seorang militan lainnya.(dtc-52)