[list_indonesia] [ppiindia] Di Batam Ada Nagoya

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <"Undisclosed-Recipient:;"@freelists.org>
  • Date: Sat, 26 Mar 2005 09:47:37 +0100

http://www.harianbatampos.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=8183&PHPSESSID=84b782bf5ed99830d0efd63ca70851e7

Di Batam Ada Nagoya
Oleh redaksi
Rabu, 23-Maret-2005, 14:16:14

Sebuah Cerita
oleh : Lisya Anggraini

Di Batam ada Nagoya. Tapi bukan berarti salah satu kota di Jepang itu, pindah
ke pulau yang dikatakan berbentuk kalajengking dan berdampingan dengan
Singapura ini.

Nagoya, ya... Nagoya. Meski tak begitu jelas batasan wilayahnya, Nagoya
setidaknya bertetangga dengan Jodoh, Kampung Utama, Windsor serta Seraya.

Jodoh tetangga terdekat, Nagoya. Dan bukan bermakna tempat perjodohan, walaupun
tak jarang juga di tempat ini orang ketemu jodohnya. Ketika menunggu taksi di
pinggir jalan, atau ketika makan di salah satu restoran, atau sedang menjalani
tugas rutin di kantor. Atau pula, di saat berbelanja di pusat perbelanjaan,
serta pasar.

Dan wilayah ini adalah, tempat yang paling komplit aktifitas kehidupan manusia,
meski tak ada rumah sakit, atau pabrik.

Sebenarnya pula, penyebutan benar nama wilayah ini adalah Sei Jodoh, atau dalam
bahasa melayu berarti Sungai Jodoh. Namun, entah dari mana asal muasal nama
kota itu, saya pun belum begitu paham. Dan saya cuma tahu di mana letaknya, dan
bagaimana situasinya. Itu saja. Mungkin perlu berguru terlebih dulu dengan para
ahli pakar sejarah Batam?

Tetangga terdekat lainnya, Kampung Utama. Bahkan, karena terlalu dekatnya, tak
jarang pula orang menyebut Kampung Utama, juga Nagoya. Supir taksi, yang
dikatakan penguasa jalanan itu mengatakan begini : Penumpang suka bilang mau ke
Nagoya, kita mesti Tanya lagi, Nagoya nya di mana? Dia jawab, Kampung Utama.
Karena itu, Kampung Utama bisa dikatakan tetangga Nagoya, ada pula yang
menyebutkannya bagian dari Nagoya. Terserahlah, saya hanya ingin bercerita
bukan sedang belajar ilmu geografi tentang Batam.

Lalu, tetangga lainnya adalah Windsor. Jangan salah kira lho, tempat ini tak
ada kaitannya dengan istana keluarga Elizabeth, Ratu Inggris Raya itu.
Yakinlah, tidak akan ditemukan satu Kastil pun di tempat ini. Melainkan deretan
Ruko (Rumah Toko), tempat makan Pujasera, Pusat Perbelanjaan, Hotel dan tentu
saja, segala aneka hiburan malam, yang juga dilangsung siang hari.

Karena tidak saja bermakna menunjukkan waktu, melainkan perumpaan aktifitas
yang menghibur dan biasa dilakukan orang di malam hari. Ya, berbagai macam
bentuk hiburan malam lah. Tentu dah tahu semua.
Tetangga lainnya, adalah Seraya. Yang pasti di tempat ini ada rumah sakit.
Tentu saja, banyak kejadian kriminal. Serta tragedi juga bisa dicari infonya
dari tempat ini. Saya katakan begitu, karena ada beberapa wartawan yang di pos
kan di tempat ini. Dari situ sang jurnalis akan bisa mengungkap kejadian dari
setiap pesakit yang masuk ke rumah sakit.

Tentu tak hanya rumah sakit saja di tempat itu. Yang pasti Ruko juga ada, walau
tak seramai di Nagoya, Jodoh, atau Windsor. Di wilayah ini beberapa pabrik
tempat bekerja ratusan orang, yang disebut sebagai buruh, dari berbagai wilayah
di negeri bernama Indonesia ini. Tempat makan yang enak-enak juga ada di tempat
ini. Tentu saja, juga rumah penduduk, serta tempat jualan barang seken dari
Singapura, walau tak seramai pusat seken lainnya di kota ini.

Diantara beberapa wilayah yang tidak terlalu luas itu lah, Nagoya berada. Salam
yang akan menyapa bukanlah Konichiwa? di sini, , melainkan: Apa kabar? Ndak
kemane?, Aaaa kaba?, Ni How Ma?, Opo kabare? juga sesekali How are You?
Jangan pula berharap akan menemukan kereta api cepat di wilayah ini. Ojek,
taksi, bus Damri, bus-bus kecil dan angkot Carry yang akan menawarkan tumpangan
hendak mau ke mana.

Dan apa pula yang paling banyak dimiliki Nagoya dibandingkan wilayah lainnya di
Batam? Teman saya dengan yakin mengatakan Money Changer. Hampir di setiap
simpang, dan toko pusat perbelanjaan, ada Money Changer, katanya.

Ada pula yang mengatakan hotel. Mulai dari Hotel bintang empat, terutama
ruko-ruko yang disulap menjadi hotel kelas melati. Ada yang menyebutkan,
restoran dan tempat makan. Ada pula yang berkata: toko-toko, terutama menjual
barang branded luar negeri, mulai dari parfum, sepatu, aksesoris, elektronik
hingga alat komunikasi Hand Phone. Meskipun juga berderet toko penjual jamu
seduh, atau menjual buah lokal maupun impor.

Teman saya yang lain menyebutkan, bank-bank paling banyak di tempat ini,
dibandingkan wilayah lainnya di kota Batam.

Dan bos saya mengatakan, tempat melepas puyeng, dugem hingga esek-esek berkedok
tempat hiburan paling ramai berada di sini.

Kalau saya mengatakan tempat kos. Karena saya menempati salah satu kos-kosan di
sana, dan banyak pula tempat saya kos di sekitar Nagoya.

Itulah sedikit cerita pemula tentang Nagoya. Dan tentu saja, tak hanya Nagoya
yang ada di Batam. Banyak tempat di kota ini, meskipun wilayahnya tidak terlalu
besar dibandingkan kawasan lainnya di tanah air.
Seperti Mukakuning, meski banyak pula orang yang bermuka hitam, coklat dan
putih di tempat itu. Juga Kabil di ujung .sana. Sekupang di ujung lainnya, dan
Batu Ampar tak jauh dari Jodoh, bersama Bukit Senyum, bukit yang dulu dikatakan
tempat banyak orang tersenyum memadu kasih.

Batam Center yang sekarang sedang menuju pusat perkantoran dan perbelanjaan,
dan perumahan. Nongsa, berpantai indah, Batu Besar yang masih kuat dengan
nuansa melayu, serta Batu Aji yang dulu dikatakan jauuuuh dari Batam, kini
menjadi kawasan yang kian padat. Dan banyak lagi, untuk disebutkan pada cerita
akan datang.

Dan saya terhitung seminggu yang lalu menjadi warga Nagoya. Menjadi perantau
seperti banyak warga di kota ini. Bersama ragam warna-warninya. Karena itu
beragam warna itu yang mengumulli inpirasi, lalu saya butuhkan untuk menuangkan
dengan bercerita. Saya janji.****