[list_indonesia] Re: Peta Batas Wilayah - Re: Pengalihan Isyu (Was: Re: [ppiindia] Re: Panglima Ambil Alih Komando)

  • From: A Nizami <nizaminz@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 8 Mar 2005 23:40:43 -0800 (PST)

Saya bukan ahli hukum kelautan. Tapi secara logika,
kalau Malaysia tak mau berunding, Indonesia kan bisa
mengajukan Peta Batas Wilayah ke PBB untuk
diratifikasi.

PBB sebagai hakim yang netral bisa memaksa Malaysia
untuk menyetujui atau jika tak setuju, berunding
bersama, sehingga dicapai hasil yang disepakati
bersama. Peta batas wilayah yang disetujui semua pihak
perlu agar tidak terjadi sengketa perbatasan.

Seharusnya hal itu bisa diselesaikan secara sederhana
tanpa perlu perang2an.

--- Satrio Arismunandar <satrioarismunandar@xxxxxxxxx>
wrote:

> Dari dulu, Indonesia sudah mengajak Malaysia
> berunding. Khususnya sejak Malaysia mengeluarkan
> peta
> sepihak tahun 1979, yang mengklaim pulau dan wilayah
> negara tetangga (bukan cuma Indonesia yang
> marah-marah, tetapi juga Filipina, dll).
>
> Tetapi Malaysia diam saja dan terus mengulur waktu.
> Baru sekarang dia bereaksi, sesudah TNI-AL kirim
> kapal
> perang ke perairan sengketa....

> foto

> karena

> [...]